Kapitan Pattimura Merupakan Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Kang Sun | 4:25:00 PM | 1 komentar




Nama : Kapitan Pattimura
Lahir : Hualoy, Seram Selatan, Maluku, 8 juni 1783
Wafat : 16 desember 1817

Sejarah Singkat Tentang Kapitan Pattimura

Dilahirkan di Saparua, Maluku dengan nama asli Thomas Matulessy, merupakan putra dari pasangan Frans Matulessy dan Fransina Silohai.

Perlawanan terhadap Belanda dimulai tahun 1817, ketika Kapitan Pattimura terpilih menjadi panglima perang setelah Raja Raja Patih, para Kapitan, Tua Tua Adat dan rakyat mengangkatnya sebagai pemimpin dan panglima perang melawan belanda karena memiliki sifat sifat ksatria ( kabaressi ) dan berpengalaman.

Perlawanan terhadap belanda pun akhirnya berlangsung.Namun akhirnya Perang Pattimura ini akhirnya dapat dihentikan oleh belanda dengan politik adu domba dan tipu muslihat bumi hangus.Yang menjadikan Kapitan Pattimura dan para tokoh pejuang lainnya yang ikut membantu perlawan terhadap belanda seperti Melchior Kesaulya, Anthoni Rebhok, Philip Latumahina, dan Ulupaha berakhir di tiang gantungan pada tanggal 16 desember 1817 di Ambo.


Sumber : dikutif dari berbagai sumber

Category:

About Do You Know Indonesia ?:
Blog Do You Know Indonesia merupakan sebuah blog yang berisikan tentang semua hal mengenai Indonesia. Mulai dari kategori Bisnis Online Internet, Web Hosting, Musik, dll. . You can find about Indonesia here!http://sunotoaw.blogspot.com

1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete