Pangeran Antasari Merupakan Pahlawan Pejuangan Kemerdekaan Indonesia

Kang Sun | 4:30:00 PM | 0 komentar




Nama : Pangeran Antasari
Lahir : Banjarmasin, 1797
Perjuangan : Tahun 1859
Wafat : Bayan Begak, 11 oktober 1862
Makam : Taman Makam Pahlawan Banjarmasin

Sejarah Singkat Tentang Pangeran Antasari

Perlawanan rakyat banjar terhadap belanda di mulai saat belanda mengangkat Tamijidilah sebagai Sultan Banjar menggantikan Sultan Adam yang wafat. Rakyat Banjar dan keluarga besar kesultanan Banjar, termasuk Pangeran Antasari, menuntut agar Pangeran Hidauattulah, sebagai pewaris sah takhta Kesultanan Banjar, harus menjadi Sultan Banjar. Sejak saat itulah, rakyat Banjar dengan dipimpin oleh Pangeran Hidayattulah, Pangeran Antasari, dan Demang Leman mengangkat senjata melawan belanda.

Pangeran Antasari berhasil menyerang dan menguasai kedudukan belanda di gunung Jabuk. Pangeran Antasari juga meneyerang tambang batubara Belanda di Pengaron. Pejuang-pejuang Banjar juga berhasil menenggelamkan kapal Onrust beserta pemimpinya, seperti Letnan Van der Velde dan Letnan Bangert. Peristiwa yang memalukan Belanda ini terjadi atas siasat Pangeran Antasari dan Tumenggung Suropati.

Pada tahun 1861, Pangeran Hidayattulah berhasil ditangkap oleh belanda dan dibuang ke Cianjur,Jawa Barat. Pangeran Antasari kemudian mengambil alih pimpinan utama. Ia diangkat oleh rakyat sebagai Penembahan Amiruddin Khalifatul Mu’min, Sehingga kualitas peperangan menjadi semakin meningkat karena ada unsur agama. Sayang, Pangeran Antasri akhirnya wafat pada tanggal 11 Oktober 1862 Karena penyakit cacar yang saat itu sedang mewabah di Kalimantan Selatan. Padahal, saat itu, ia sedang mempersiapkan serangan besar-besaran terhadap Belanda.


Sumber : dikutif dari berbagai sumber

Category:

About Do You Know Indonesia ?:
Blog Do You Know Indonesia merupakan sebuah blog yang berisikan tentang semua hal mengenai Indonesia. Mulai dari kategori Bisnis Online Internet, Web Hosting, Musik, dll. . You can find about Indonesia here!http://sunotoaw.blogspot.com

0 komentar