Sultan Hasanuddin Merupakan Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Kang Sun | 4:43:00 PM | 0 komentar




Nama         : Sultan Hasanuddin
Lahir          : Ujung pandang, 12 januari 1631
Perjuangan : 1633 - 1669
Wafat         : Ujungpandang 12 juni 1670
Makam      : Ketangka, Ujungpandang

Sejarah Singkat Tentang Sultan Hasanuddin

Sultan Hasnuddin merupakan putra kedua dari Sultan Malikussaid, Raja Gowa yang ke - 15.Ia memerintah kerajaan Gowa ketika Belanda sedang ingin menguasai perdagangan rempah - rempah.Perang melawan Belanda diawali pada tahun 1666 ketika belanda ingin menguasai kerajaan kecil di sekitar Gowa dibawah pimpinan Cornelis Speelman.

Namun akhirnya Gowapun harus menandatangai surat Perjanjian Bungaya di Bungaya 18 november 1667 karena terdesak atas perlawanan terhadap Belanda.Akan tetapi karena merasa dirugikan atas perjanjian tersebut, Sultan Hasanuddin mengadakan perlawanan lagi, dikarenakan pihak belanda meminta bantuan dari luar yang akhirnya menjadikan kompeni dapat menguasai benteng terkuat kerajaan Gowa, Sombaopu pada tanggal  12 juni 1669.Sultan Hasanuddin lalu mengundurkan diri dari tahta kerajaan dan akhirnya wafat pada tanggal 12 juni 1670, dan dimakamkan di Ketangka, Makasar.




Sumber : dikutif dari berbagai sumber

Category:

About Do You Know Indonesia ?:
Blog Do You Know Indonesia merupakan sebuah blog yang berisikan tentang semua hal mengenai Indonesia. Mulai dari kategori Bisnis Online Internet, Web Hosting, Musik, dll. . You can find about Indonesia here!http://sunotoaw.blogspot.com

0 komentar