Untung Surapati Merupakan Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Kang Sun | 4:34 PM | 0 komentar




Nama : Untung Surapati
Lahir : Bali, 1660
Wafat : Bangil, Jawa Timur, 15 desember 1706
Kategori : Pahlawan Kemerdekaan Indonesia

Sejarah Singkat Tentang Untung Suropati

Untuk Surapati awal mulanya merupakan seorang anak kecil budak belian asal Bali yang dibeli oleh Kapten Van Beber Seorang Senior di VOC, yang bertugas di Makasar.

Kapten Van Beber kemudian menjulanya kembali kepada perwira VOC lain di Batavia, yakni Kapten Mijnheer Moor.Yang kemudian dipelihara.Karena semenjaknya hadirnya anaka kecil ini selalu membawa keberuntungan, akhirnya anak kecil ini diberi nama Untung.

Dari sisnilah ceritanya dimulai.Untung kecil yang diasuh tersebut tumbuh dan berkembang dalam keluarga Moor, dan menjadi teman akrab bagi putri dari Moor, yakni Suzane.Yang akhirnya diantara mereka terjalin rasa sayang saling mencintai.Yang menjadikan kemarahan besar bagi Moor.Hingga memasukan Untung kedalam penjara.

Namun akhirnya Untung bisa melarikan diri atas bantuan Suzane, dan berdua sepakat untuk melarikan diri bersama.Akan tetapi,karena merasa kasihan Untung meyuruh Suzane untuk pulang, juga untuk keselamatan mereka berdua karena dikejar - kejar oleh pasukan Moor.

Dari pelarian inilah awal mula Untung Surapati mengadakan penyerangan terhadap VOC.


Sumber : dikutif dari berbagi sumber

Category:

About Do You Know Indonesia ?:
Blog Do You Know Indonesia merupakan sebuah blog yang berisikan tentang semua hal mengenai Indonesia. Mulai dari kategori Bisnis Online Internet, Web Hosting, Musik, dll. . You can find about Indonesia here!http://sunotoaw.blogspot.com

0 komentar