Obyek Wisata Api Abadi Mrapen di Kabupaten Grobogan

Kang Sun | 8:01:00 AM | 8 komentar


Gerbang menuju Obyek Wisata Api Abadi Mrapen

Walaupun terlihat hanya sebatas kota dan juga kabupaten yang kecil dalam hal sumber daya alamnya, sebenarnya Purwodadi-Grobogan menyimpan potensi yang besar yang bisa dikembangkan melalui aset kepariwisataanya.

Ada beberapa wisata alam di kabupaten grobogan yang apabila dikelola dengan baik kedepannya bisa dijadikan sebagai aset daerah yang tak ternilai.Salah satunya adalah Sumber Api Abadi Mrapen.



Sumber Api Abadi Mrapen merupakan salah satu obyek wisata di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, yang terletak di desa Manggar Mas kecamatan Godong.Untuk lokasi detailnya mudah terjangkau karena memang terletak di tepi Jalan Raya Purwodadi - Semarang, kurang lebihnya berjarak sekitar 27 km kearah barat dari kota Purwodadi.

Api Abadi Mrapen

Api Abadi Mrapen ini merupakan sebuah fenomena alam berupa keluarnya api dari dalam tanah sepanjang hari dan tak pernah padam walaupun hujan turun.Fenomena seperti jarang dan langka terjadi, sehingga akhirnya lokasi dikawasan ini dijadikan sebagai obyek wisata.Namun sayangnya pemerintah daerah setempat belum mengelolanya dengan baik

Sendang Dudo

Selain itu disekitar lokasi obyek wisata Api Abadi Mrapen terdapat juga pemandian air panas alami bernama Sendang Dudo yang dapat digunakan sebagai penyembuh berbagai macam penyakit seperti diantaranya penyakit kulit, dan juga reumatik dikarenakan air dalam pemandian ini mengandung unsur belerang.




Dan tak ketinggalan pula selain sumber api abadi dan pemandian air panas, terdapat pula batu bobot yang menurut mitos apabila seseorang dapat mengangkatnya maka akan terkabulkan semua keinginannya.Batu yang mempunyai berat kurang lebihnya 20 kg ini merupakan peninggalan dari Sunan Kalijaga di abad ke 15.Letaknya berseberangan dengan Api Abadi Mrapen.

Selain dijadikan sebagai obyek wisata, Api Abadi Mrapen juga digunakan untuk acara - acara penting seperti PON, Pekan Olah Raga Nasional sejak PON yang ke 10 tahun 1981, POR PWI tahun 1983, HAORNAS, dan juga pernah digunakan untuk acara pesta olah raga Internasional Ganefo pada tanggal 1 nopember tahun 1963.









Saya sebagai seorang yang berasal dari Purwodadi dan bertempat tinggal pula di Purwodadi, kalau tidak salah baru dua kali mengunjungi obyek wisata ini.Itu pun karena yang pertama kali diajak mampir oleh seorang teman yang kebetulan rumah tempat tinggalnya berada tepat di lokasi Api Abadi Mrapen tersebut.


Bagaimana dengan Anda sendiri, sudah pernahkah anda mengunjungi Obyek Wisata Sumber Api Abadi Mrapen ini?Jika belum dan apabila kebetulan sedang melintas perjalanan melewati jalan raya purwodadi - semarang, sempatkanlah sebentar untuk singgah mampir di obyek wisata ini!


Category: ,

About Do You Know Indonesia ?:
Blog Do You Know Indonesia merupakan sebuah blog yang berisikan tentang semua hal mengenai Indonesia. Mulai dari kategori Bisnis Online Internet, Web Hosting, Musik, dll. . You can find about Indonesia here!http://sunotoaw.blogspot.com

8 comments:

  1. Mantab mas artikelnya...
    Kebetulan, saya membuat artikel dengan tema yang hampir sama, silahkan kunjungi 6 Wisata Api Abadi di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi

    ReplyDelete
  2. Apakah ada angkutan umum yang lewat sini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari stasiun ngrombo atau bledug kuwu, ada gak?

      Delete
    2. Kalau dari Stasiun Ngrombo bisa naik bus Solo-Purwodadi turun Terminal Purwodadi, lalu naik bus lagi jurusan Semarang -Purwodadi turun lgsg di Mrapen....

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. artikelnya bagus, ijin share di https://ksmtour.com ya, terima kasih

    ReplyDelete