Uji Coba Hartke VXL Bass Attack Pedal

Kang Sun | 9:07:00 AM | 8 komentar





Hartke VXL Bass Attack Pedal

Sebenarnya saya berencana untuk membeli sebuah Eq kembali untuk yang ketiga kalinya, walaupun scond tapi tak mengapa dan saya menginformasikan hal ini pada teman saya.Tak disangka - sangka justru teman saya menawari saya untuk mencoba sebuah Eq BOSS GEB-7 Graphic Equalizer milik temannya yang dipinjamkan kepadanya, dan juga sebuah Pre Amp Bass, yakni Hartke Bass Attack Pedal.

Dan akhirnya dari beberapa kali menggunakannya saya jadi lebih tahu dan mengenal apa itu sebenarnya Hartke ini.Yang jelas terlihat dari Hartke ini adalah adanya 2 model tombol stomp box yang mempunyai 3 band EQ, yakni untuk mengatur Bass, Treble dan Bright control.Dan juga sebuah Harmonic control.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah spesifikasi dari Hartke Bass Attack ini dan beberapa fiturnya :

A.Fitur Panel Depan
1.Harmonics
 Fungsinya digunakan untuk mengatur sinyal harmonis antara hartke dan bass guitar
2.Mix
Fungsinya digunakan untuk mengatur campuran sinyal kering dan sinyal harmonis atau effect
3.Shape
Fungsinya digunakan untuk mengatur atau menyesuaikan sirkuit hartke equalizer atau dengan kata lain suara menjadi lebih tebal dan luas.
4.Level
Fungsinya digunakan untuk mengatur volume out put secara keseluruhan
5.Bass
Fungsinya digunakan untuk mengatur frekwensi rendah, baik menambah atau menguranginya
6.Treble
Fungsinya digunakan untuk mengatur frekwensi tinggi, baik itu mengurangi ataupun menambahnya
7.Brite
Fungsinya digunakan untuk mengatur frekwensi tinggi secara ' ekstrim '
8.On / Off
Footswitch ini fungsinya digunakan untuk mengatur fungsi knopp Mix dan Brite bila diaktifkan
9.Shape
Footswitch ini fungsinya digunakan untuk mengatur sirkuit hartke Shape bila diaktifkan

B.Fitur Panel Samping :
1.Power Inlet
Fungsinya digunakan untuk mengatur adaptor opsi daya AD006
2.Phantom On / Ground Lift Switch
Fungsinya digunakan untuk mengatur, beralih dari Phantom Power atau operasi baterai, dan  / atau Ground Lift / Connect
3.Line Out Put
Fungsinya digunakan untuk membawa sinyal out put, dari jack standar 1/4 inch 
4.Pre / Post Switch
Fungsinya digunakan untuk mengatur sinyal out put, baik itu sinyal out put langsung  dari out put pararel input ( tanpa effect ), maupun sinyal out put langsung ( effect )
5.Direct Out Put
Fungsinya digunakan untuk mengatur
6.Pararel Out Put
Fungsinya digunakan untuk mengirimkan sinyal asli ke amplifier di panggung dengan menggunakan standard jack out put 1/4 inch
7.Input
Fungsinya digunakan untuk menghubungkan bass aktif maupun pasif

*** ^ ***

Saya sering bermain diatas panggung dengan jarang memakai back sound ampli, hanya di event - event tertentu saja saya menggunakannya.Dikarenakan dengan tanpa adanya back sound ampli inilah kebutuhan akan penguat untuk sound bass menjadi sangat diperlukan.

Biasanya saya hanya menggunakan sebuah eq untuk mengatur modulasi frekwensi sound bass saya yang terhubung langsung dengan mixer panggung.Dan saya rasa hal ini sudah lebih dari cukup apabila hanya sekedar digunakan untuk bermain di sebuah acara hajatan kampung.Walaupun memang sebenarnya Eq bukanlah suatu penguat atau pre amp yang menunjang sound bass.

Lalu adakah manfaat dari penggunaan Hartke Bass Attack ini?saya merouting-nya dengan sebuah Eq BOSS GEB-7 .Selain dari sound Bass yang dihasilkan terlihat lebih menonjol dibanding sebelumnya tanpa menggunakan Hartke ini, yang juga menjadikan tone per senarnya menjadi lebih jelas serta lebih bright.

Selain sebagai pre amp bass, Hartke ini juga bisa berfungsi ganda sebagai direct bass.Ataupun mempararelkan out put-nya.Sebagai misal bila di panggung terdapat ampli bass yang menurut kita tidak sesuai dengan karakter sound bass kita, atau juga mungkin hasil akhirnya tidak menunjang sound bass seperti yang kita inginkan.Ampli tersebut bisa kita gunakan hanya sebagai indikator panggung saja bagi kita, sedangkan hasil akhir buangnya tetap bisa kita setting dengan meroutingnya menggunakan Hartke, tinggal menghubungkan input ampli dengan pararel out put Hartke yang terletak disisi sebelah kanan.



Category:

About Do You Know Indonesia ?:
Blog Do You Know Indonesia merupakan sebuah blog yang berisikan tentang semua hal mengenai Indonesia. Mulai dari kategori Bisnis Online Internet, Web Hosting, Musik, dll. . You can find about Indonesia here!http://sunotoaw.blogspot.com

8 comments:

  1. ini beli barunya/distributor di indonesia dmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya berdomisili di Grobogan Jawa Tengah, Sob... dulu pernah ada di Toko Musik Kurnia Semarang, entah kalau sekarang, kurang tau!

      Delete
  2. GEB-7 sama GE-7B beda ga gan? ngaruh ga ya ke sound?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya GE 7B adalah produk lama yang dipasarkan dari tahun 1987 - 1992 ( Made in Japan ) hingga tahun 1995 ( Made in Taiwan ), sedangkan GEB 7 adalah produk baru.Keduanya memiliki kesamaan yaitu didesain khusus untuk frekwensi bass.Bedanya, untuk GE 7B mempunyai rentang frekwensi diantara 62Hz sampai 4KHz, sedangkan GEB 7 mempunyai rentang frekwensi antara 50Hz sampai 10KHz, yang artinya mempunyai respon frekwensi lebih lengkap atau lebih luas.Seperti pada penggunaan bass gitar dengan 5 atau 6 string......

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi bagus mana kang ,,hartke atau geb 7 ??

      Delete
  4. klo adaptor buat hartke yg brpa ampere ya kang??

    ReplyDelete
  5. klo adaptor buat hartke yg brpa ampere ya kang??

    ReplyDelete