Obyek Wisata Museum Manusia Purba Sangiran

Kang Sun | 1:39:00 AM | 0 komentar



Hari minggu, 3 maret 2013 saya mengajak beberapa teman mencari tempat bersantai, refreshing menyegarkan pikiran.Dan pilihan jatuh pada obyek wisata di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Museum Manusia Purba Sangiran.Yang memang sebelumnya kami telah mempunyai rencana ingin mengunjungi obyek wisata ini sebelumnya apabila ada waktu luang.

Untuk dapat mencapai lokasi museum ini rute yang diambil dalam perjalanan kami tidaklah begitu rumit.Karena dari lokasi tempat tinggal saya, Purwodadi Grobogan hanya tinggal menyusuri sepanjang jalan Raya Solo yakni menuju arah selatan kurang lebihnya sekitar 40 km.

Hingga terdapat pertigaan dan papan nama yang menginformasikan arah menuju Museum Sangiran, lalu mengambil arah kiri atau menuju ke timur, kurang lebihnya sekitar 2 km.Dan sampailah dilokasi tujuan, yang langsung akan disambut oleh gapura selamat datang obyek wisata Museum Manusia Purba Sangiran ini seperti tampak pada gambar diatas.

Namun apabila diambil berangkat awal bermula dari kota Solo menuju arah utara akan menempuh jarak sekitar 15 hingga 18 km.

Museum Manusia Purba ini terletak di Desa Krikilan, Kecamatan Kali Jambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.Didalam Museum Sangiran ini terdapat beberapa informasi yang lengkap tentang kehidupan manusia purba di Jawa yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan seperti Antropologi, Arkeologi, Geologi, Paleoanthropologi.

Di lokasi situs Sangiran ini pula, untuk pertama kalinya ditemukan fosil manusia purba Pithecantropus Erectus ( salah satu spesies dalam taxon Homo erectus) oleh seorang arkeolog asal Jerman, Profesor Von Koenigswald.

Untuk bisa masuk museum Manusia Purba Sangiran ini kami hanya tinggal merogoh uang saku sebesar Rp.5.000 saja per orangnya sekali masuk, dengan rincian sebagai berikut :

1.Retribusi masuk kawasan sebesar Rp.3.500 ( Wisatawan Domestik )
2.Retribusi masuk museum sebesar Rp.1.500 ( Wisatawan Domestik )

Ini sesuai dengan karcis tanda masuk ketika kami mengunjungi Museum Sangiran ini, pada tanggal 3 maret 2013 hari minggu bulan kemarin.Yang telah disetujui oleh Pemerintah Kabupaten Sragen dalam peraturan daerah No.2 tahun 2012 sesuai dengan yang tertera pada karcis tanda masuknya.

Lokasi obyek wisata Sangiran ini tidaklah begitu luas.Dihalaman depan setelah gapura pintu masuk terdapat lapangan parkir untuk sepeda motor dan mobil.Serta terdapat pula beberapa warung makan sederhana apabila terus berjalan lurus.Dan sebuah mushola yang terletak dibelakang dibawah area warung makan tersebut dengan menuruni area bertangga yang agak curam.Yang kebetulan memang lokasi tempat mushola ini berada dilokasi tanah yang landai dibagian paling bawah.


Untuk museum utama yang menyimpan hasil temuan berupa fosil - fosil tulang manusia purba dan hewan purba terdapat disebelah kanan area parkir.Yang bangunannya dibagi menjadi 3 tingkat.

Dibagian tingkat ketiga atau yang paling atas setelah keluar dari pintu keluar museum ini, terdapat sebuah taman untuk kita beristirahat apabila merasa lelah setelah berjalan jalan mengelilingi isi seluruh museum.



Saya menyempatkan diri bersama teman - teman untuk foto bersama.Namun sayang hasilnya kurang bagus, dikarenakan hanya menggunakan kamera ponsel yang kualitasnya kurang baik.

Kami tidak begitu lama diobyek wisata ini tidak lebih dari 2 jam, itu pun sudah terpotong istirahat, foto - foto, serta makan siang.Juga dikarenakan perjalan pada waktu berangkat menuju Sangiran ini matahari mendekati hampir tepat diatas kepala.


Category:

About Do You Know Indonesia ?:
Blog Do You Know Indonesia merupakan sebuah blog yang berisikan tentang semua hal mengenai Indonesia. Mulai dari kategori Bisnis Online Internet, Web Hosting, Musik, dll. . You can find about Indonesia here!http://sunotoaw.blogspot.com

0 komentar