Munculnya Ide Menulis Artikel Untuk Postingan Blog

Kang Sun | 11:29:00 AM | 8 komentar




Saya kira segala sesuatu pasti berhubungan dengan yang namanya keinginan hati.Apabila kita sedang tidak mood atau tidak mempunyai keinginan hati untuk melakukan sesuatu, dan jika dipaksakan untuk tetap berbuat hasilnya tidak akan sesuai dengan yang kita inginkan.

Menurut saya begitu pula pada blogging, jika kita tidak fresh pikiran kita dalam membuat sebuah artikel ya hasilnya mungkin tidak enak untuk dibaca.

Seperti kali ini nih,saya sedang galau tidak ada yang namanya ide atau gagasan yang terlintas sedikitpun dalam benak saya untuk dijadikan bahan menulis.Kalau tetap dipaksakan untuk menulis artikel guna menambah postingan isi dari blog ini, hem....mungkin cuma judul judul saja yang bisa saya tulis, ha ha...

Biasanya, dalam menulis artikel postingan terlebih dahulu sudah saya konsep sebelumnya.Semisal diwaktu sedang berada disuatu tempat, tiba - tiba terlintas ide untuk menulis tentang sesuatu.Saya langsung mengambil tindakan cepat, menulis ide judulnya saja dan menyimpannya dalam handphone sebagai konsep yang tersimpan.

Atau karena melihat suatu objek di satu tempat lalu dengan sendirinya tiba - tiba seperti terlihat beberapa kalimat berjalan dengan sendirinya didalam gambaran otak saya.Nah, juga untuk menghindari hilangnya ide gagasan yang muncul tiba - tiba tersebut, saya langsung menyimpannya dalam bentuk menulis kepala pokok kalimatnya saja dalam handphone, yang nantinya saya kembangkan menjadi beberapa paragraf ketika mulai dijadikan untuk sebuah postingan ketika berada didepan PC.Karena memang didalam bepergian handphone hampir selalu ada dan menemani didalam saku celana.
  
Sedangkan ketika saya benar - benar sedang mempunyai keinginan hati untuk menulis, pun terkadang terbagi menjadi beberapa tahap.Ada yang langsung jadi dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk menulis dan menerbitkannya.

Namun ada pula ketika sudah menghasilkan beberapa paragraf dalam menulis dan telah mencapai alur cerita pada ide pokok permasalahan, tiba - tiba serasa kehabisan kata dan tak bisa nmerangkainya untuk saling berhubungan dengan yang lainnya.

Jika seperti itu yang terjadi, yang saya lakukan adalah langsung menyimpannya sebagi draft. Dan akan saya lanjutkan ketika ingin mengeditnya suatu hari nanti atau ketika muncul ide tambahan yang datang secara tiba - tiba.

*** ^ ***

Bagimana dengan kalian sendiri, teman - teman blogger semua?Bagaimana tahapan ide menulis artikel postingan blog kalian, tentunya berbeda - beda, bukan?

Oh ya, menurut kalian, saya menulis artikel postingan ini memang benar - benar sedang tidak ada ide gagasan untuk menulis atau memang muncul tiba - tiba keinginan hati untuk menulis?ataukah memang sudah saya konsep sebelumnya?


Category:

About Do You Know Indonesia ?:
Blog Do You Know Indonesia merupakan sebuah blog yang berisikan tentang semua hal mengenai Indonesia. Mulai dari kategori Bisnis Online Internet, Web Hosting, Musik, dll. . You can find about Indonesia here!http://sunotoaw.blogspot.com

8 comments:

  1. Kronologi dapet idenya hampir sama Kang, bedanya sekarang kalo ada sliweran ide langsung kutulis di catatan berupa kertas. Trauma, hape mati trus musti direset. Semua list ide yg ada di hape jadi hilang deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhhh, kok jadi balik ke jadul ya, Sob?he he...

      Delete
  2. Menulis berkaitan erat dengan membaca pak, semakin banyak membaca semakin banyak ide yang kita punya. Namun, tidak menutup kemungkinan ide tersebut semuanya dari proses membaca, bisa juga ide menulis dari pengalaman, ilham, orang lain, guru, dan ilmu yang kita miliki.

    Saya sering menulis artikel dari artikel orang lain yang sudah saya baca dan sudah saya pahami. Kemudian saya meulisnya lagi dengan menggunakan gaya bahasa saya sendiri. Karena apabila tulisan sama persis dengan artikel orang lain, itu namanya plagiasi (copy-paste).

    Hal tersebut saya lakukan selama kurang lebih 4 tahun selama saya mengelola blog di blog saya.

    Selain itu, biasanya ide menulis saya temukan ketika saya sedang perjalanan atau sedang sibuk, pada waktu itu saya langsung menulis judul artikel pada suatu kertas. Kemudian saya baru menulis artikel secara lengkap saat berkoneksi dengan internet.

    Mungkin itu sedikit dari pengalaman saya pak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan hampir sama ya, Sob...dengan membuat konsepnya terlebih dahulu sebelum benar - benar di shared.

      Delete
  3. Replies
    1. Wahhh, berarti harus sering2 browsing ya, Sob?

      Delete
  4. benar tuh boss, kadang sudah dapat 2 alenia bubar semuanya, kalo bikin konsep kadang bisa lupa narohnya. judul biasanya saya buat diakhir artikel. terima kasih sudah berbagi pengalaman. salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, Sob...thanks juga dah mampir disini!

      Delete