Mengenal Kondisi Uang Kuno Kertas Dan Istilahnya

Kang Sun | 10:49:00 PM | 20 komentar




Barang antik atau kuno cenderung sangat dicari saat ini, baik untuk dikoleksi pribadi maupun untuk dijual kembali.Dan bahkan harganya pun justru berkali kali lipat lebih mahal dari barang barang yang ada dan umum beredar.

Dari berbagai macam barang antik atau kuno yang banyak dicari, salah satunya adalah uang kuno.Dikatakan kuno karena uang ini sudah tidak beredar lagi dipasaran dan sangat sulit untuk mendapatkannya.Seperti misalnya ; Uang Kertas Republik Indonesia Pecahan 1 Rupaih, atau juga yang lebih kecil nominalnya seperti ; Uang Kertas Republik Indonesia Pecahan 0,5 Rupiah.

Dan mungkin Anda adalah salah satu orangnya yang senang dengan keberadaan uang kuno ini untuk sekedar di koleksi.Atau mungkin untuk Anda jual kembali.Atau juga Anda sedang mencari beberapa uang kuno untuk keperluan lain?

 Ada sedikit tips untuk kita ketahui untuk lebih mengenal kondisi uang kuno ini bila menemuinya dalam keadaan seperti dibawah ini, lebih khususnya adalah uang kertas ;

UNC (Uncirculated)
Merupakan kondisi uang yang sangat baik.Dinamakan Uncirculated karena uang tersebut hanya beberapa kali digunakan dan bahkan mungkin tidak pernah digunakan sama sekali.Hal ini bisa terlihat dari ciri ciri fisiknya seperti misalnya ; sudut kertasnya yang masih tajam, warnanya yang masih tampak bersih dan cerah serta berkilau.Yang jelas uang dalam kondisi ini pasti masih kaku dan tidak terdapat sobekan apapun.

AUC (Almost Uncirculated)
Kondisi uang ini hampir mirip dengan kondisi UNC, hanya saja kondisi mempunyai atau terdapat sedikit kekurangan seperti misalnya terdapat llipatan baik diujung maupun dibagian tengah uang.

Selain dengan keadaan atau kondisi seperti diatas, masih ada kondisi lain yang mungkin akan kita jumpai seperti misalnya ;


EF (Extra Fine)
Uang masih dalam keadan yang baik dan kaku, berkilau, dan maksimal ada satu lipatan tajam dan tiga lipatan tipis halus.Biasanya sudut uang ini sudah tidak tajam lagi.

VF (Very Fine)
Mempunyai kondisi agak sedikit kotor atau terdapat noda.Dan juga terdapat lipatan.Namun kondisinya masih baik yakni masih kaku dan tidak ada sobekan.Biasanya uang kondisi seperti ini telah digunakan untuk bertransaksi.

F (Fine)
Berbeda dengan kondisi Very Fine, uang kondisi Fine tidak begitu kaku, ada beberapa lipatan, sedikit kotor, sedikit sobekan di bagian tepi yang buakan gambar, akan tetapi dari kualitas gambarnya masih baik.

VG (Very Good)
Kondisi uang Very Good intinya adalah masih utuh.Namun terdapat kekurangan yang sangat jelas terlihat seperti ; adanya noda, sobekan dari ujung uang hingga mengenai gambar.Terdapa pula adanya lubang pada uang ini, dan juga lipatan.Sedangkan untuk keadan kertasnya sudah tidak kaku lagi atau layu, dan pula sudutnya tumpul tidak tajam lagi.

G (Good)
Bila menemui kondisi uang dengan ciri ciri fisik seperti ini ; warna yang telah pudar, terdapat bekas lipatan dan bernoda seperti karat atau pun corat coret, adanya lubang pada uang atau pun sobekan di bagian pinggir, dan adanya bagian uang yang sobek dan hilang, dikarenakan seringnya digunakan, uang termasukdalam kondisi yang dinamakan Good.

F ( Fair )
Dikarenakan telah digunakan berkali kali , kondisi fisik yang jelas terlihat, uang nampak layu sekali atau tidak kaku.dan bahkan cukup kotor.Adanya sobekan yang agak besar dan ada bagian uang yang hilang.Atau dengan kata lain uang ini telah rusak.

P (Poor)
Sama dengan uang kondisi Fair, uang kondisi poor adalah kondisi uang yang telah rusak.Hanya saja tingkat kerusakannya lebih tinggi bila dibanding dengan uang kondisi Fair.



Tersebut diatas adalah beberapa kondisi uang yang mungkin pernah Anda jumpai.Semoga dengan mengenal istilah dan kondisi uang tersebut dapat membuat kita lebih berpikir jeli untuk memilihnya.

Semoga bermanfaat.


Category:

About Do You Know Indonesia ?:
Blog Do You Know Indonesia merupakan sebuah blog yang berisikan tentang semua hal mengenai Indonesia. Mulai dari kategori Bisnis Online Internet, Web Hosting, Musik, dll. . You can find about Indonesia here!http://sunotoaw.blogspot.com

20 comments:

  1. tipsnya sangat membantu sekali ini Kang bagi orang yang suka mengoleksi barang antik seperti uang lama. dan saya juga baru mengetahui ternyata kertas yang di gunakan membuat uang itu ada kategorinya. thanks mas informasinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Baho...punya uang kuno juga ya?

      Delete
  2. wah aneh juga game jaman dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau orang jaman dulu bisa melihat kita saat ini, pasti mereka juga akan berkata sama " Wah aneh juga game masa depan '', wkwkwkwkwk....

      Delete
  3. dulu saya punya uang kuno tapi uang logam dan sekarang dah hilang ntar kemana :D padahal jika dijual harganya bisa mahal ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Dwi, uang kuno emang mahal harganya...

      Delete
  4. wah ternyata koleksi uang kuno juga ya Mas, saya bisa tahu nih kondisi uang kuno ternyata terbagi juga ya, yang paling mahal yang seperti apa tuh Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya yang serinya agak tuaan, atau seri yang sedikit beredar pada waktu dikeluarkannya, Sob, dan tentunya dengan kondisi yang masih baik!

      Delete
  5. wah ilmu baru ini kang, saya terus terang baru tahu tentang uang kuno nih, soalnya dulu belum menangi hidup di jaman belanda :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya barang antik atau kuno nggak harus pernah hidup dijaman belanda kok, Mbak...

      Delete
  6. Wah kalo gitu uang kertas ribuan simpan dulu Dan kalo dah beredar suatu data jadi mahal dan antik ya :)

    ReplyDelete
  7. jadi bisa sekalian belajar ilmu sejarah ya kang dengan mengenal mata uang kuno ini. Thanks kang sudah share ya ;)

    ReplyDelete
  8. Ada 9 kondisi uang brarti ya mas...baru tahu nama2nya
    Kalo dipake sehari2 pasti kumel bin kucel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh, banyak sekali yang kucel, he he...

      Delete
  9. belajar juga jenis2 kondisi uang kuno ya. tapi memang beneran masih ada yang jenis UNC ya mas?

    ReplyDelete
  10. Susah nie Mas cari uang kuno sekarang. Kalaupun toh ada pasti nominal yang harus dibayar untuk mendapatkannya cukup mahal juga

    ReplyDelete
  11. aku juga suka dengan koleksi dan suka sekali nilai sejarah, jadi enak sekali bisa tambah pengetahuan dan wawasan. terima kasih telah berbagi mas.

    ReplyDelete