Mengenal Shorten URL

Kang Sun | 12:31:00 AM | 0 komentar



Dalam situs Wikipedia dijelaskan tentang definisi dari URL, yaitu " rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.

Sebagai contoh misalnya bila ingin mengunjungi blog ini anda harus menuliskan alamat  http://blog-kangsun.blogspot.com di browser.Dan browser pun akan merujuk untuk mengarah ke blog ini.http://blog-kangsun.blogspot.com itulah yang disebut sebagai URL.

Bagi yang suka jalan - jalan atau browsing di internet dan berkelana mencari informasi di berbagai blog atau situs, pastinya akan banyak menemukan url yang berbeda - beda.Baik itu url yang pendek cara penulisannya maupun yang panjang atau banyak karakternya .Namun, mungkin sesekali anda pernah menjumpai suatu link dengan pola URL sebagai berikut ; go.gl/blablabla, t.co/blablabla, bukan?atau pun link seperti ini, bit.ly/blablabla.

Sebenarnya url tersebut merupakan sebuah url yang mungkin agak lebih panjang karakter penulisannya dan kemudian diubah agar menjadi lebih pendek.URL yang mulanya panjang dan kemudian diubah menjadi pendek inilah yang dinamakan sebagai Shorten URL.

Untuk membuat shorten url ini tidaklah sulit, karena telah banyak situs - situs penyedia jasa pembuatan Shorten URL yang bisa dimanfaatkan seperti misalnya ; bit.ly, adf.ly, tinyurl.com, dll.Ataupun situs Shorten URL produk lokal seperti misalnya ; Klikae.com, pendek.in, tunjuk.in,dll

Dan bahkan Google yang notabene merupakan situs raksasa dunia pun ikut andil dalam menyediakan jasa pembuatan Shorten URL, goo.gl.

Semoga bermanfaat.





Category:

About Do You Know Indonesia ?:
Blog Do You Know Indonesia merupakan sebuah blog yang berisikan tentang semua hal mengenai Indonesia. Mulai dari kategori Bisnis Online Internet, Web Hosting, Musik, dll. . You can find about Indonesia here!http://sunotoaw.blogspot.com

0 komentar