Menyelesaikan Solusi Rubik 4x4 Dengan Mudah

Kang Sun | 4:48:00 PM | 2 komentar




Bermain rubik bagi saya sungguh menyenangkan dan mengasyikan.Serasa ada tantangan tersendiri untuk bisa meyelesaikannya dan menyusunnya dengan benar.

Setelah mampu mnyelesaikan rubik 3x3 dan saat ini masih belajar untuk mencapai waktu yang lebih cepat, saya kemudian mencoba untuk menyelesaikan yang 4x4.Dan ternyata memang seperti pada 3x3,apabila kita memahaminya dengan ditambah sedikit pemahaman logika dan imajinasi bangun ruang, dapat kita selesaikan dengan mudah.Hanya saja terdapat beberapa rumus - rumus tambahan yang memang hanya berlaku pada 4x4 saja.

Bagi teman - teman yang ingin belajar menyelesaikan solusi rubik 4x4, yuk kita belajar bersama dengan membaca dan mengikuti langkah - langkahnya yang saya tulis dibawah ini.Oh ya, dan harus dipastikan bahwa kalian harus hapal terlebih dahulu dengan 3x3.Karena memang peyelesaian solusi 4x4 ini menggunakan dasar penyelesaian dari 3x3.

Untuk yang belum bisa solusi 3x3 bisa belajar dengan membaca dan mengikuti langkah - langkhnya yang saya tulis pada postingan sebelumnya, silahkan baca dengan mengklik disini  : Menyelesaikan Solusi Rubik 3x3 Dengan Mudah.

Okey, langsung saja untuk mempersingkat waktu!

Sebenarnya untuk penyelesaian 4x4 ini sama seperti rubik yang 3x3, karena terdapat beberapa metode yang diterapkan seperti pada 3x3.Yakni membuat warna cross terlebih dahulu.di salah satu sisi.Namun dikarenakan center dari rubik 4x4 tidak sama dengan center yang 3x3 ( center 4x4 bisa berubah - ubah, sedangkan center 3x3 akan tetap sama ), maka untuk yang 4x4 ini kita harus menyamakan centernya terlebih dahulu.Dalam artian kita harus membuat centernya terlebih dahulu berwarna sama.Center rubik 4x4 adalah 4 kotak warna yang sama yang berada dibagian paling tengah masing - masing sisi.

Setelah center terbentuk, kemudian yang harus kita lakukan adalah menyamakan 2 warna masing - masing bagian tepi center yang telah terbentuk tadi.Istilahnya adalah membuat Edge Pairing.Nah, baru setelah edge pairing terbentuk, tahap akhir penyelesaiannya sama dengan tutorial rubik 3x3.

Oh ya, perlu di ingat juga bahwa didalam rubik 4x4 ini ada suatu kondisi dimana tidak akan kita jumpai di kondisi 3x3.Yakni tidak terbentuknya cross layer atas dikarenakan sisi salah satu Edge Pairingnya terbalik.Dan tentunya cara penyelesaiannya pun juga berbeda tidak menggunakan rumus yang ada di 3x3.Rumus penyelesaian ini pun lebih panjang dari rumus yang ada di 3x3.

Untuk lebih jelasnya tonton Video berikut yang saya ambil dari You Tube, video tersebut merupakan hasil upload dari Robert Mingliang :


Video Solusi Rubik 4x4 Part 1 :




Video Solusi Rubik 4x4 Part 2 :




Video Solusi Rubik 4x4 Part 3 :



Nah, itu tadi beberapa langkah cara penyelesaiannya.Hanya menghapal satu rumus yang agak panjang menurut saya serta beberapa rumus tambahan, dan yang utama harus sudah menguasai 3x3.

Okey, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Category:

About Do You Know Indonesia ?:
Blog Do You Know Indonesia merupakan sebuah blog yang berisikan tentang semua hal mengenai Indonesia. Mulai dari kategori Bisnis Online Internet, Web Hosting, Musik, dll. . You can find about Indonesia here!http://sunotoaw.blogspot.com

2 comments:

  1. wah keren tuh. ane nyoba tapi kaga selesai-selesai.
    mungkin karena kaga tau rumusnya kali. emang apapun kalau kaga tau rumusnya sangat susah ya sob.
    thanks sharenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...Iya betul, Sob walau sudah tahu rumusnya terkadang juga masih bisa lupa,

      Delete