Pria Berjenggot, Identitas Islam, Sunnah Rosul ataukah Hanya Untuk Style?

Kang Sun | 11:45:00 PM | 18 komentar



Seperti halnya  rambut yang tumbuh di kepala, kumis diatas bibir, dan rambut lainnya diarea tubuh kita yang lain, jenggot merupakan rambut yang tumbuh menghiasi dibagian bawah janggut atau dagu.Yang dapat diartikan pula jenggot sebagai identitas bagi seorang lelaki.

Namun walaupun begitu tidak semua pria memiliki jenggot,dan tidak lah pula semua wanita tidak memiliki jenggot, seperti yang pernah saya baca di media online tentang wanita wanita yang memiliki kelebihan rambut dibagian wajahnya, kumis dan jenggot ( Percilla Bejano, Julia Prastana, Supatra Sasuphan, Annie Jones ).Dan juga Mariam seorang ibu asal Inggris yang mempunyai jenggot dan disiarkan di sebuah acara televisi.

Akan tetapi disini kita tidak akan membicarakan sosok wanita yang mempunyai kelebihan rambut dengan kumis dan jenggotnya.Marilah kita sejenak melupakannya untuk kembali ke topik utama jenggot yang sesungguhnya.Jenggot yang tumbuh di dagu seorang lelaki.

Mungkin bagi sebagian orang tumbuhnya jenggot diartikan sebagai hal yang sepele, yang dianggap sama sebagai rambut lain yang tumbuh dibagian tubuh kita seperti rambut dikepala, kumis, dll.Namun dibalik semua itu tahukah Anda bahwa jenggot memiliki nilai yang lebih dibanding dengan rambut - rambut lainnya?

Didalam agama islam dikenal yang namanya memelihara jenggot, ini sesuai dengan yang di perintahkan oleh Rosul Nabi Muhammad SAW sebagai sunnah rosul '' Cukurlah kumis dan peliharalah jenggot " ( HR.Muslim ).Serta Hadits yang diriwayatkan dari Zakaria bin Abi Zaidah dari Mus'ab bin Syaibah dari Tholq bin Habib dari Ibnu Az Zubeir, bahwa nabi bersabda " Sepuluh perkara fitrah ; Mencukur kumis, memanjangkan jenggot, bersiwak, memasukan air ke hidung ( ketika wudlu ), memotong kuku, mencuci sendi - sendi jari tangan, mencabut bulu ketiak, mencukur rambut disekitar kelamin, mencuci dengan air setelah buang air kecil.Kemudian Zakria berkata " Mus'ab mengatakan " Aku lupa yang kesepuluh kecuali berkumur - kumur " ( HR.Ahmad, Muslim, Nasai dan Tirmidzi )

Sehubungan dengan perintah nabi yang diriwayatkan dalam haditsnya, mengapa seorang diperintahkan untuk memanjangkan jenggot?Untuk itulah mari kita belajar bersama mencari jawabannya.

Dalam sebuah riset yang sedang dikaji dan dikembangkan oleh para ilmuwan di Amerika dan Eropa tentang penelitian mereka terhadap agama islam lebih dalam, salah satunya adalah meneliti tentang jenggot.

Dari hasil penelitian yang didapat diantaranya adalah sebagai berikut ;
1.Secara Alamiah jenggot dapat mengontrol kandungan minyak pada wajah.
2.Apabila tumbuh satu helai rambut jenggot, akan tumbuh pula bulu - bulu halus disekitarnya.Dan satu helai jenggot yang tumbuh akan dapat menyerap lebih dari satu unsur yang dapat menyebabkan wajah menjadi kusam.
3.Serta hal yang terakhir yang masih dalam penelitian lebih lanjut bahwa seorang lelaki yang memiliki jenggot mempunyai sifat yang lebih bijaksana dalam mengambil keputusan

Selain penelitian tersebut diatas, terdapat pula beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa memiliki jenggot sebenarnya adalah kunci untuk menjaga kita tampak lebih muda.Mengapa bisa demikian, bukankah dengan memiliki jenggot seorang lelaki akan kelihatan lebih tua?

Jawabannya adalah karena jenggot berfungsi sebagai pelembab alami, serta mengurangi risiko kanker.Hal ini sesuai dengan yang penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli kedokteran.Nah,  berikut adalah beberapa manfaatnya bila memiliki jenggot ;

1.Sebagai Pelindung dari Sinar Ultra Violet
Berdasar pada penelitian terbaru di University of Southern Queensland, bahwa jenggot dapat melindungi hingga 95 persen dari radiasi Ultra Violet dari matahari, sehingga dapat mencegah karsinoma sel basal atau kanker.

2.Sebagai Pencegah Infeksi Kulit
Bagi yang sering menggunakan pisau cukur perlu diperhatikan, bahwa penggunaan pisau cukur ternyata dapat menyebabkan jerawat, ruam di kulit, serta peradangan pada partikel rambut. Menurut Dr Shannon C. Trotter, seorang rekan dari College of Osteopathic Dermatologi dan dermatologis di Ohio State Wexner Medical Center mengatakan, "Penggunaan pisau cukur dapat mengiritasi kulit serta penyebaran bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada partikel rambut.

3.Sebagai Penarik Lawan Jenis
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Evolusi dan Perilaku Manusia, seorang pria dapat terlihat lebih maskulin jika memiliki jenggot tipis yang menghiasi wajah.Studi ini menemukan bahwa pria yang memiliki jenggot tipis tampak terlihat sangat menarik di mata wanita.

4.Sebagai Pelembab Wajah Alami
Kulit kita memiliki kelenjar minyak alami yang dapat melembabkan wajah.Menurut Dr Trotter, kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak di wajah berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit.Memiliki jenggot tebal, berarti terdapat kelenjar minyak yang tersembunyi di dalamnya, sehingga membuat kulit di sekitar jenggot memiliki kelembapan alami . Jenggot juga dapat melindungi kulit dari paparan angin yang dapat mebuat kulit kering dan infeksi.

5.Sebagai Penghenti Sakit Asma dan Flu
Seorang dokter konsultan pernapasan di Klinik London, Dr Felix Chua mengatakan bahwa, "Secara teori, kumis dan jenggot dapat menghentikan hal-hal yang memicu asma, karena dua hal tersebut adalah saringan alami yang menangkap berbagai polutan sebelum kita menghirup udara.Jenggot tebal yang tumbuh dibawah dagu dan leher juga dapat menaikkan suhu di sekitar leher sehingga dapat membantu melawan batuk dan pilek saat menderita flu. "Rambut adalah isolator yang membuat tubuh menjadi hangat.Jenggot yang panjang dan lebat juga dapat menghangatkan wajah dan leher ketika cuaca dingin.

*** ^ ***

Maha Besar Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan segala sesuatunya dengan tanpa ada yang sia - sia.Bagaimana dengan Anda sendiri, memiliki jenggot ataukah tidak?Beruntunglah bagi Anda yang memiliki jenggot.

Semoga bermanfaat.

Sumber referensi ; Dikutif dari berbagai sumber

Category: ,

About Do You Know Indonesia ?:
Blog Do You Know Indonesia merupakan sebuah blog yang berisikan tentang semua hal mengenai Indonesia. Mulai dari kategori Bisnis Online Internet, Web Hosting, Musik, dll. . You can find about Indonesia here!http://sunotoaw.blogspot.com

18 comments:

  1. Menurut saya sih cowok berjenggot biasa saja kok. Malah kalau jenggotnya terlalu panjang kurang begitu cocok. Lebih baik bersih dari kumis dan jenggot itu malah tambah cakep :)

    ReplyDelete
  2. jadi begitu ya boss ceritanya tentang kumis dan jenggot, cuman saya paling sering nyukur jenggot dan kumis saya, maklum belum tau manfaat itu. terima kasih sudah berbagi. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi, mulai besok pelihara jenggot donk, Sob haha....

      Delete
  3. Oh gitu yah sob, jadi tahu ternyata miara jenggot ada manfaatnya juga yah... Makasih informasinya sob :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Sob sama2, thanks atas kunjungannya!

      Delete
  4. Kalau menurut saya jenggot atau kumis itu menunjukan identitas seorang laki2 sejati , bener gk mas? Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sampai didenger yang gak punya kumis dang jenggot gman, Sob?bisa berabe tuh nanti, haha....

      Delete
  5. Kalau saya relatif Kang, soalnya kalo dilihat keislamannya memang secara casing luar kelihatan alim keislaman orang berjenggot, dan laki2 memang "priyanggono" kalau berjenggot. Tapi saya bukannya gak suka miara jenggot, soalnya jenggot saya jarang2 tumbuhnya heheheh...jadi saya kerok terus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okey dech, nggak papa2, yang penting masih kelihatan kalau seorang laki laki, kan?haha...( bercanda )

      Delete
  6. salam sahabatku sekalian. wah luar biasa ya ternyata manfaat dari bulu wajah yang di anggap sepele sebahagian lelaki. Janggut.
    Ehem, saya suka poin 3. Dan salah satu pandangan saya tentang janggut yg di miliki pria, persis seperti uraian di atas.
    Jadi paham manfaar yang tersembunyi dibalik karismatik seorang pria dengan bulu misteri pada wajahnya.
    Terima kasih. Artikel luar biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okey, Mbak Hasri Yani, sama...pengennya sih walau hanya dengan jenggot yang tipis dan sedikit bisa tetap menjadi seorang yang bijaksana!

      Delete
  7. Aku berjenggot sampai sekarang. Aku berjenggot dengan alasan agama. Sejak isu teroris (berjenggot) aku takut-takut juga, jadi aku cukur. Tapi setelah isu reda, aku biarkan lagi jenggot tumbuh, tapi tidak terlalu dipanjangkan... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama persis dengan yang aku alami, gara2 miara jenggot, padahal baru sedikit dan tipis, temenku bilang " Ada calon teroris baru nih..."

      Delete
  8. Aduh mas... terus terang aku suka ma yg berjenggot tp yg sedang aja....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan juga, jenggot aku tipis, ahihihi...

      Delete
  9. pria berjenggot pasti bakal keliatan lebih maco....
    percaya deh
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okey dech, thanks, jadi tambah pede nih, haha...

      Delete