Hukum Mengenai Sholat Jum'at Yang Ketinggalan

Kang Sun | 11:31:00 PM | 13 komentar




Setiap muslim diperintahkan oleh Allah SWT untuk menjalankan sholat 5 waktu.Dan tak ketinggalan pula sholat jum'at bagi seorang laki - laki yang telah dewasa.

Sehubungan dengan diperintahkannya seorang laki - laki yang telah aqil balik untuk wajib melaksanakan sholat jum'at, saya mempunyai suatu masalah yang masih mengganjal dalam hati hingga saat ini dan belum saya temukan jawaban yang tepat dan sesuai tentang sholat jum'at.

Saya seorang muslim yang mempunyai ilmu tentang agama yang masih terbatas, untuk itulah mengapa saya menuliskan pengalaman ini di Kang Sun's Blog ini, yang bertujuan mendapat jawaban yang meyakinkan dari teman - teman muslim semua yang benar - benar lebih memahaminya.

Ini merupakan pengalaman yang baru pertama saya alami, tepatnya yaitu ditanggal 13 januari 2012 tahun kemarin, yang sebenarnya telah saya shared di blog saya yang lain.Namun dikarenakan blog saya tersebut jarang saya update ( karena saya konsen di blog Kang Sun's Blog ini ), jawaban yang saya inginkan belum terpenuhi.

Tertanggal 13 januari 2012 tahun kemarin, saya ada job di entertainment yang saya ikuti, yang terdiri dari beberapa anggota, yang tentunya juga adalah teman - teman saya, karena memang keseharian saya banyak melakukan aktivitas di dunia hiburan.Dan kebetulan sekali hari itu bertepatan dengan hari jum'at.Dimana setiap umat islam yang sudah akhil balik ( laki - laki ), diwajibkan untuk melaksanakan sholat jum'at.Tak terkecuali juga saya tentunya.

 Nah, dari sinilah awal ceritanya yang menjadi masalah bagi saya.Sehubungan dengan pekerjaan dientertainment saya yang agak memakan banyak waktu, dikarenakan juga memang lokasi tempat yang tidak strategis, dan memang bertempat disebuah perkampungan, yang akhirnya menjadikan sholat jum'at saya dengan teman - teman entertaint menjadi terlambat.Perjalanan dari lokasi entertaint menuju ke masjid, memang tidak seberapa jauh, akan tetapi nggak tahunya, eh...sampai dimasjid ternyata sudah mulai masuk rokaat pertama.Saya sempat diskusi dengan teman saya sebentar, sebelum akhirnya cepat - cepat bergabung dibarisan shaf paling belakang, dan ikut melakukan sholat jum'at di rokaat yang kedua atau yang terakhir sesuai anjuran teman saya tersebut.Karena memang baru sekali ini saya menemui sholat jum'at saya ketinggalan.

Namun, sholat yang kami kerjakan bukanlah dua rokaat, bukanlah menambah satu rokaat lagi setelah salam yang dilakukan oleh imam dan makmum jama'ah lain, bukanlah menambah rokaat dengan menggenapi rokaat yang kurang seperti apabila kita menjumpai sholat jamaah kita ketinggalan beberapa rokaat.Akan tetapi kami menambah 3 rokaat untuk menggenapkan menjadi 4 rokaat.

Teman saya sempat mengatakan sebelum mulai sholat jum'at tadi " Sholat jum'at kita ini sebenarnya sudah tidak sah, dan kita melakukan sholat ini hanya sebatas menggugurkan hukum wajib sholat jum'at kita, seterusnya sama saja kita dengan mengerjakan sholat Dzuhur seperti biasa, bila kita ikut menjumpai di rokaat kedua, ya berarti kita harus menambah 3 rokaat lagi ", begitu menurut teman saya tersebut.Karena memang saya sendiri tidak tahu akan dalil seperti itu, dan memang kalau soal agama teman saya tersebut lebih pengalaman dibanding saya, ya akhirnya saya ikut dengan apa yang dia lakukan

Sepulang perjalanan dari sholat jum'at, saya masih berpikir terus, masih menjadi pertanyaan dalam hati, apa memang benar begitu adanya ya hukumnya.Dan sampai sekarang saya menulis pengalaman inipun, masih saja menjadi ganjalan dihati.

Bagi teman - teman yang benar tahu dan memahami tentang pengalaman ini yang saya alami tersebut diatas, dan mempunyai dalil - dalil yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, sudi kiranya untuk memberikan komentar di blog ini.Berbagi ilmu dengan saya dan semua teman - teman yang membaca artikel tulisan saya ini.

Bagi teman - teman yang sudi memberikan komentar jawaban, saya ucapkan banyak terima kasih.Ditunggu ya, Sob..!!!

Category:

About Do You Know Indonesia ?:
Blog Do You Know Indonesia merupakan sebuah blog yang berisikan tentang semua hal mengenai Indonesia. Mulai dari kategori Bisnis Online Internet, Web Hosting, Musik, dll. . You can find about Indonesia here!http://sunotoaw.blogspot.com

13 comments:

  1. wah saya ngga tahu kang.. saya juga bukan ahli agama nih.. dan saya juga sebelumnya belum nya belum pernah ketinggalan kaya gitu kang :o
    tanya ke Ustadz ada :p hehehe sebelumnya makaasih nih buat sharingnya.. belajar dari pengalaman..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okey dech, Sob kita tunggu teman lain aja yang belum hadir, he he...

      Delete
  2. Apabila makmum yang ketinggalan satu roka’at sholat jum’at bersama imam tersebut telah mengikuti imam pada saat rukuk dan tuma’ninah, yang berarti ia telah dianggap mengerjakan satu rokaat sholat jum’at bersama imam, maka ia cukup menambahkan satu rokaat lagi setelah imamnya salam dan tidak usah mengerjakan sholat dhuhur sesudahnya.......salam :-)

    ReplyDelete
  3. wah, berarti harus tepat waktu pas hari jumat nih ya kang.
    makasi uda di post. sangat berguna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Sob kalau nggak tepat waktu dapetnya cuma anak onta, ha ha...

      Delete
  4. wah saya sering nih ketinggalan soljum, astaghfirullah.

    ReplyDelete
  5. sholat jum'at sangat penting, jadi jgn sampe ketinggalan. ^_^

    ReplyDelete
  6. Wah, kok malah jadi curhat ya, ha ha ha...solusi untuk masalah aku diatas gimana, Sob?

    ReplyDelete
  7. Bagus artikelnya Nice Blog :)
    www.asfa-id.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Oh ternyata...nggak pa2, Sob yang penting hadir disini, he he!

      Delete