Tips Merawat Senar Pada Bass Gitar

Kang Sun | 10:33:00 PM | 4 komentar




Selain Pick Up dan hadware penunjang lainnya sebagai pembentuk suara karakter pada sound bass, String atau yang umum dikenal sebagai senar juga merupakan salah satu faktor penunjang yang tidak boleh diabaikan.

Namun dikarenakan lamanya waktu penggunaan yang telah mencapai batas maksimal menjadikan sound bass yang dihasilkan oleh string menjadi berkurang.Dalam artian notasi suara yang dihasilkan menjadi samar - samar atau kurang jelas.Atau sering kali disebut string sudah fals.Hal ini disebabkan karena string telah mengalami perubahan fisik maupun perubahan kualitas.

Selain karena lamanya penggunaan string, faktor lain yang dapat mempengaruhinya adalah kebersihan jari saat pemakaian dan juga kelembaban udara.

Dan tentu saja, apabila sound bass yang dihasilkan oleh string sudah tidak seperti yang diharapkan, dengan terpaksa kita harus segera menggantinya.Dan satu hal yang pasti adalah kita membutuhkan biaya untuk membeli 1 set senar yang baru.

Nah, sebagai langkah untuk menghemat biaya yang dikeluarkan ada satu hal yang bisa kita lakukan.Yakni membuat string menjadi lebih sustain kembali.Bagaimana caranya?

Pertama, lepas semua string yang terpasang pada bass gitar, lalu siapkan air yang telah diberi cuka secukupnya, kemudian didihkan.Rebus string dalam air yang bercampur cuka tersebut beberapa saat.

Langkah terakhir adalah memasangnya kembali pada bass gitar dan memcoba hasilnya.

Setelah dilakukan perebusan, hasilnya string akan mempunyai sustain yang lebih baik bila dibanding dengan string sebelumnya yang telah kadaluarsa pemakaiannya.

Walaupun begitu, sayangnya hasilnya tetap tidak akan lebih baik bila dibanding dengan mengganti string yang baru.Namun setidaknya kita bisa menggunakannya kembali untuk beberapa waktu kedepan dengan tanpa mengeluarkan banyak biaya bila dengan membeli string baru, atau dengan kata lain menunda membeli string yang baru.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

NB : Tips ini berlaku untuk satu kali perebusan saja.Apabila string telah fals kembali, lebih baik kita segera menggantinya dengan string yang baru.







Category:

About Do You Know Indonesia ?:
Blog Do You Know Indonesia merupakan sebuah blog yang berisikan tentang semua hal mengenai Indonesia. Mulai dari kategori Bisnis Online Internet, Web Hosting, Musik, dll. . You can find about Indonesia here!http://sunotoaw.blogspot.com

4 comments:

  1. ikut nyiman ya sob, walupun saya ngga punya bass, hehe :)

    ReplyDelete
  2. saya baru tahu kang senar bass bisa direbus agar bunyinya lebih baik..nambah ilmu saya nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah, Sob bisa dikit nambah umur senar, he he...

      Delete