Cari

Tips Setting Intonasi String Pada Bass Guitar

Kang Sun | 00.23.00 | 21 komentar




Ketika mempunyai sebuah bass baru, terkadang kita tidak memperhatikan secara detail setting intonasi string atau senarnya.Untuk menyetem nada pada senar - senarnya, biasanya dilakukan hanya sebatas pada nada - nada di fretnya saja.Dan tentu saja hasilnya akan kurang baik.

Terkadang ada juga beberapa teman yang baru mengetahui dan bertanya bahwa nada di fret awal neck bass mereka tidak sama di beberapa fret pertengahan dan akhir necknya.

Jawaban dari itu semua ada pada setting senar yang kurang optimal

Nah, untuk mengetahui setting string bass gitar kita sudah memiliki intonasi yang baik atau belum, kita bisa mengujinya.Namun untuk dapat mengujinya dengan baik kita memerlukan sebuah alat bantu, yaitu sebuah tuner.

Bila kita mempunyai perangkat aksesoris untuk bass gitar, semisal efek bass digital, kita bisa menggunakannya langsung.Karena umumnya efek digital sudah dilengkapi dengan by pass untuk tuning string.

Namun apabila tidak mempunyai efek bass digital kita bisa menggunakan bantuan tuner headstock.Seperti yang saya gunakan, untuk menguji intonasi string bass gitar saya menggunakan Legacy ADT - 100z Special Clip Tuner .

Sebenarnya apabila kita mempunyai felling dan kepekaan akan nada yang sangat kuat, kita tidak perlu menggunakan tuner.Akan tetapi dikarenakan untuk memperoleh hasil yang akurat penggunaan tuner sangat dianjurkan.

Sebagai langkah awal pastikan keadaan neck bass kita dalam keadaan normal ( tidak bengkok atau melengkung, karena apabila bengkok atau melengkung setting intonasi string tidak akan berjalan dengan baik.Apabila neck bass kita bengkok atau melengkung kita harus meluruskannya terlebih dahulu.

Untuk cara meluruskan neck bass guitar agar kembali menjadi normal bisa dengan mengikuti petunjuk cara mengerjakannya yang telah saya share sebelumnya disini : Tips Memperbaiki Neck Bass Yang Bengkok atau Melengkung

Okey langsung saja kita akan mencoba memulai menyeting intonasi string pada bass :

Setelah bass gitar terhubung dengan tuner, bunyikan salah satu senarnya tanpa ditekan atau los senar, kita ambil misal senar 4 atau senar yang bernada E ( bass gitar 4 string dengan konfigurasi setting string E-A-D-G ).Apabila bila belum tepat bernada E, tuning hingga tepat bernada E.Setelah itu bunyikan kembali senar 4 tersebut dengan menekan pada titik 12 pas atau fret ke-12.Apabila Nadanya sudah tepat bernada E, hal ini menandakan intonasi string bass gitar kita sudah baik.



Tetapi apabila nadanya belum sesuai atau tidak bernada E, ini menandakan intonasi senar bass kita kurang baik.Kita harus menyettingnya kembali.Pertama yang harus kita lakukan adalah ; apabila nada di fret 12 lebih rendah dari E, maka majukan saddle string ( bantalan atau tempat tumpuan senar ) pada bridge kearah mendekati pick up atau maju.Dan apabila lebih tinggi sedikit dari E, maka yang harus kita lakukan adalah mundurkan saddle stringnya kearah bridge atau mundur.



Setting intonasi seperti ini juga berlaku pada senar - senar lainnya, setting ulang kembali hingga semua string  memiliki intonasi yang baik.Intinya adalah nada pada masing - masing los senar harus sama dengan nada di fret ke 12 masing - masing senar tersebut.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!



Category:

Chanel You Tube Kang Sun Bawang:
Chanel You Tube Kang Sun Bawang merupakan video berbagi pengalaman seputar pertanian bawang merah.You can find about Red Onion here!https://www.youtube.com/channel/UCr9E0mg9W_7gg8jLV2lQFLg

21 komentar:

  1. keren mas, tapi sayangnya saya nggak bisa main bas heheheee

    BalasHapus
  2. Ajarin dong bang, kalo bisa kasih videonyaa

    BalasHapus
  3. sayangnya saya gak bisa main gitar mas, jadi hanya menyimak aja, hehehe :)
    ajarin dunk ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ngajarin cewek main gitar, rasanya gimana gitu, hi hi hi...

      Hapus
  4. sayangnya saya nggak bisa main bass ... ajarin dong kang ,,,, heheheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mang Yono sendiri ada waktu luang kapan? ha ha ha...

      Hapus
  5. itu harus pake alat yah sob setting nya ?? maklum saya ngga punya soalnya bass, hehe :)

    BalasHapus
  6. Pantesan aja ya kang...temen sy kalo lagi nyetem gitar ampe merem melek matanya...ngehayatin bener tiap dari petikan suara nya....

    Ternyata selain bisa nyetel..kepakaan juga di perluin ya kang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gitu dech, Sob...tapi soal merem melek, mungkin mata terkena debu kali, he he...

      Hapus
  7. Pengen banget bisa main bass

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Masa? Ketinggian dan maju mundur di bridge nya ga ada yang ukuran standar?

    BalasHapus
  10. Apa jadinya jika saddle datar aeperri gitar klasik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  11. Dikerok atau diganti, hingga sesuai dengan playability yang kita inginkan

    BalasHapus
  12. Cara setting tinggi rendah senar yg ideal gmn om? Pengaruh ke tone?

    BalasHapus