Cari

Obyek Wisata Bledug Kuwu Kabupaten Grobogan

Kang Sun | 19.36.00 | 0 komentar




Di daerah sekitar tempat tinggal saya ( kabupaten grobogan ) terdapat beberapa Obyek Wisata Alam lokal yang menurut saya mempunyai potensi sebagai kekayaan sumber daya alam yang harus dilestarikan.Salah satunya adalah Obyek Wisata Alam Bledug Kuwu

Bledug Kuwu apabila dilihat dari letak geografisnya merupakan sebuah lokasi yang terletak di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.Yang terdapat banyak kawah berlumpur ( Mud Vulcano ) disekitarnya.Kawah - kawah berlumpur ini selalu mengalami letupan - letupan secara berkala yang mengandung garam, yang jarak waktunya berkisar antara 2 sampai 3 menit.Hal inilah yang menarik hingga menjadi tujuan orang untuk melihatnya hingga akhirnya menjadi salah satu tujuan obyek wisata.

Untuk penyebab terjadinya Bledug Kuwu ini, menurut legenda dikalangan masyarakat setempat, konon  terjadi karena adanya sebuag lubang yang menghubungkan antara kawasan bledug kuwu tersebut dengan pantai selatan atau samudera hindia.

Menurut mitos lubang itu merupakan jalan pulang Joko Linglung dari laut selatan menuju kerajaan Medang Kamulan.Konon diceritakan bahwa Joko Linglung berperang melawan Prabu Dewata Cengkar dari kerajaan Medang Kamulan yang telah berubah wujud menjadi sosok buaya putih di laut selatan.Dan Joko Linglung sendiri pun dapat berubah wujud menjadi sesosok Ular Naga

Sedangkan tentang pembuatan lubang oleh Joko Linglung tersebut dilakukan karena suatu syarat tertentu yang harus dikerjakan olehnya sebagai bukti agar ia dapat diakui sebagai anak dari Aji Saka.

Walaupun letaknya yang tidak begitu jauh dari tempat tinggal saya, justru saya sendiri baru mengunjunginya pertama kali pada bulan september di tahun 2010.Itu pun dikarenakan mengisi sebuah acara hiburan syawalan bersama orkes dangdut OM Mahkota yang diadakan oleh pihak panitia Obyek Wisata Bledug Kuwu.

Terhitung sampai dengan saat ini postingan ini saya tulis, terupdate 29 maret 2013, baru dua kali saya menginjakkan kaki di obyek wisata bledug kuwu ini.Yang kedua kalinya adalah juga di bulan september 2011, yang juga dalam rangka mengisi acara hiburan syawalan bersama orkes yang sama pula.

Hanya beberapa foto yang bisa saya ambil dan saya simpan sebagai kenangan, diantaranya adalah berikut dibawah, action bareng big bos OM Mahkota, Pak Pras yang terbalut kostum group warna kuning dengan sponsor rokok Sukun.



Sayangnya, tak ada dokumentasi video shooting dalam event ini, sehingga tak ada satu lagu pun yang bisa saya simpan data filenya.


Sudah pernahkah Anda mengunjungi Obyek Wisata Bledug Kuwu Kabupaten Grobogan?

Category: ,

Chanel You Tube Kang Sun Bawang:
Chanel You Tube Kang Sun Bawang merupakan video berbagi pengalaman seputar pertanian bawang merah.You can find about Red Onion here!https://www.youtube.com/channel/UCr9E0mg9W_7gg8jLV2lQFLg

0 komentar