Manfaat dan Khasiat Buah Durian Bagi Tubuh Kita

Kang Sun | 8:11:00 PM | 10 komentar




Walaupun menurut saya lumayan enak rasanya, namun tidak semua orang menyukai yang namanya buah durian.Terkadang hanya dengan menyebut namanya saja, Durian, tiba tiba ada seseorang yang kepalanya menjadi pusing dan mual - mual, padahal hanya mendengar namanya saja tidak memakannya langsung.

Bisa jadi ini mungkin  dikarenakan sebab alergi dan sudah pernah merasakan baunya yang khas, harum dan menyengat sebelumnya.

Akan tetapi tahukah Anda dibalik semua itu Durian mempunyai khasiat dan manfaat yang juga berperan penting bagi kesehatan tubuh kita.

Buah Durian sendiri merupakan tanaman buah berupa pohon. Sebutan kata durian diduga berasal dari istilah Melayu, yaitu dari kata duri yang diberi akhiran -an. Kata ini terutama dipergunakan untuk menyebut buah yang kulitnya berduri tajam. Tanaman durian sendiri berasal dari hutan Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan yang merupakan tanaman liar. Penyebaran durian ke arah barat adalah ke Thailand, Birma, India, dan Pakistan. Di Asia, buah ini sudah dikenal sejak abad 7 M. Berdasarkan catatan sejarah, nama lain durian adalah Duren (Jawa, Gayo), Duriang (Manado), Dulian (Toraja), dan Rulen (Seram Timur).

Buah durian memiliki manfaat mineral alamiah yang mudah dicerna oleh tubuh kita. Durian juga mengandung fosfor dan zat besi yang 10 kali lebih banyak dari buah pisang (mas, ambon, dan beranga). Tapi karena kandungan mineralnya yang tinggi, terutama kalsium dan zat besi, durian dapat menjadi penyebab masalah pada pergerakan usus besar.

Bagi yang memiliki riwayat darah tinggi, disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah ini bersama dengan alkohol karena dapat menyebabkan stroke. Selain itu, disarankan untuk banyak minum air putih sebelum dan sesudah makan durian untuk menghindari dehidrasi.

Bagi yang suka dengan durian, menikmati buah ini tak hanya dengan memakan buahnya langsung begitu saja.Biasanya digunakan sebagai bahan utama atau campura dalam membuat kue, roti, minuman dan sebagainya.

Salah satunya yakni durian dapat dibuat menjadi sebuah minuman segar, Es Durian .

Semoga bermanfaat.***

Category: ,

About Do You Know Indonesia ?:
Blog Do You Know Indonesia merupakan sebuah blog yang berisikan tentang semua hal mengenai Indonesia. Mulai dari kategori Bisnis Online Internet, Web Hosting, Musik, dll. . You can find about Indonesia here!http://sunotoaw.blogspot.com

10 comments:

  1. ternyata banyak juga ya manfaat buah durian, tapi sayang harganya mahal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lagi musimnya murah kok, Mbak....

      Delete
  2. Ternyata selain mempunyai rasa yang khas dengan bau yang sedap, durian juga bermanfaat juga ya buat kesehatan..

    ReplyDelete
  3. durian ntu aroma nya khas.
    Mantap.

    ReplyDelete
  4. Iya betul, Sob...untuk itulah mengapa aku suka buah ini.

    ReplyDelete
  5. slm singgah balas, masalahnyer KA x makan durian ni hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho ho ho... !thanks dah singgah balas

      Delete
  6. terimakasih gan udah berbagi pengetahunnya tentang khasiat dan manfaat buah durian. selam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, Sob..sukses juga untuk sobat!

      Delete