Paris, Obyek Wisata Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta

Kang Sun | 6:58:00 PM | 0 komentar




Obyek wisata satu ini memang dikenal sebagai wisata pantai yang penuh mistis.Legenda dan mitos masyarakat yang telah umum diketahui yang diyakini dan dipercaya bahwa pantai ini merupakan daerah kekuasaan Nyi Roro Kidul, Sang Penguasa Ratu Pantai Selatan memang sudah melekat dan menjadi ikon pantai ini.

Dan dikabarkan pula bahwa hampir dipastikan setiap tahunnya pantai ini selalu memakan korban dikarenakan keganasan hisapan ombaknya.Namun walaupun begitu banyak sekali yang tertarik untuk mengunjunginya.

Untuk itu pula mungkin upacara mengirimkan sesaji sering dilakukan oleh para nelayan dan warga setempat yang bertujuan untuk menghormati Nyi Roro Kidul, Sang Penguasa Ratu Pantai Selatan.Upacara larung sesaji ini terutama akan sering dijumpai pada waktu malam jum'at kliwon dan selasa kliwon.Dan puncaknya biasanya terjadi di setiap tahun baru muharam atau 1 suro.



Adalah Pantai Parangtritis, sebuah obyek wisata pantai yang terletak di pesisir selatan propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yang masih termasuk dalam kawasan wilayah di kabupaten Bantul.Lebih tepatnya di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek.

Pantai Parangtritis atau yang umum dikenal orang menyingkatnya dengan sebutan Paris ini hampir tidak pernah sepi dari pengunjung.Pesona wisata pemandangan alamnya yang indah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Juga dari letak geografi lokasinya yang hanya berjarak kurang lebih sekitar 27 km dari kota Yogyakarta menuju arah selatan, membuat obyek wisata pantai ini mudah untuk dijangkau baik dengan menggunakan sepeda motor maupun roda empat.



Keindahan pesona alam pantai ini akan jelas terlihat apabila dilihat dikala waktu menjelang sore atau waktu menjelang matahari terbenam.Untuk itulah mengapa saya menjadikan Parangtritis ini berada di urutan kedua tujuan lokasi wisata kami bersama rombongan setelah berpanas - panas ria mengunjungi Obyek Wisata Candi Borobudur yang terletak dikawasan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Untuk memasuki area lokasi pantai tidak begitu dipungut biaya mahal, untuk setiap orangnya hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp.5.000, dengan rician didalamnya telah terdapat biaya untuk asuransi yang telah ditambakan, yakni sebesar Rp.250.Ini sesuai dengan yang tertera pada tiket masuk lokasi pantai Parang Tritis ini ketika saya mengunjunginya tanggal 9 mei 2013 yang telah lalu.



Selain memanjakan mata menikmati indahnya pantai ini, kita juga bisa bermain - main dengan Gumuk atau gundukan pasir yang ada sekitar tepi pantai, atau pun bermain dengan ombak kecil yang selalu datang menghampiri daratan.Atau pun juga kita bisa beraduk akting pose untuk diabadikan menggunakan kamera dengan latar belakang deburan ombak.

Atau juga bila menghendaki menikmati keelokan Paris ini hanya dengan berjalan kaki menyusuri sepanjang pinggir pantai Namun bagi yang telah lelah dikarenakan perjalanan jauh menuju lokasi Paris ini, bisa menyiasatinya dengan menaiki kuda juga Andong atau dokar yang telah disediakan untuk berkeliling.Yang tentunya ada biaya tersendiri untuk menyewanya.

Selain Andong atau dokar dan kuda terdapat pula sewa motor ATV ( All Terrain Vehicle ).Namun cukup mahal untuk menyewanya, berkisar antara Rp.50.000 sampai Rp.100.000 per setengah jamnya.



Sudahkah Anda mengunjungi Paris, Parangtritis, ataukah mempunyai pengalaman menarik mengenai pantai ini ketika mengunjunginya?



Category:

About Do You Know Indonesia ?:
Blog Do You Know Indonesia merupakan sebuah blog yang berisikan tentang semua hal mengenai Indonesia. Mulai dari kategori Bisnis Online Internet, Web Hosting, Musik, dll. . You can find about Indonesia here!http://sunotoaw.blogspot.com

0 komentar