Cari

Rasa Ngilu dan Nyeri Pada Persendian Tulang, Benarkah Asam Urat?

Kang Sun | 19.43.00 | 12 komentar




Anda sering mengalami rasa ngilu dan nyeri pada persendian tulang jari - jari kaki, lutut, tumit, pergelangan tangan, jari tangan atau siku?Atau terkadang persendian Anda membengkak, meradang, terasa panas dan kaku?Bisa jadi Anda terkena penyakit yang dinamakan sebagai asam urat.

Namun tidak semua rasa ngilu dan nyeri pada persendian tulang dinamakan asam urat.Lalu, apa asam urat itu sebenarnya dan bagaimana asam urat itu bisa terjadi?

Setiap hari kita mengkonsumsi banyak sekali jenis bahan makanan yang memang diperlukan oleh tubuh.Beberapa diantaranya adalah yang bersumber dari zat hidup seperti daging, telur, ikan, jeroan, dll.

Didalam tubuh terjadi suatu metabolisme zat yang bernama purin yang dibawa masuk melalui makanan yang kita konsumsi yang berasal dari zat hidup.Apabila zat purin ini berlebihan di dalam tubuh, maka akan terakumulasi yang menyebabkan terbentuknya kristal - kristal dan berkumpul pada persendian tulang.Hal inilah yang menyebabkan rasa ngilu atau nyeri dan radang pada persendian.

Sebenarnya secara alami tubuh dapat mengeluarkan asam urat atau zat purin yang berada dalam darah melalui proses dalam ginjal yang dikeluarkan bersamaan dengan air seni.Namun apabila tubuh memproduksi asam urat berelebihan, secara otomatis ginjal pun tidak akan mampu mengeluarkannya secara optimal.Yang artinya penumpukan kristal - kristal zat purin yang terbentuk tetap akan berkumpul menuju persendian tulang.

Faktor utama penyebab asam urat sebenarnya terletak pada ginjal, yaitu ketidakmampuan ginjal dalam mengeluarkan asam urat secara tuntas melalui air seni.

Sedangkan penyebab lainnya adalah pembentukan asam urat dalam tubuh yang terlalu berlebihan.Hal ini bisa dikarenakan beberapa faktor seperti pola makan yang berlebihan dalam mengkonsumsi zat hidup.

Berikut adalah beberapa daftar makanan yang perlu Anda perhatikan yang mengandung kadar purin yang tinggi yang dapat mempengaruhi pembentukan kristal pada persendian ;

1.Makanan yang berasal dari zat hidup
- Limpa dan jantung domba atau kambing
- Limpa, hati, paru paru, lidah dan ginjal dari sapi
- Daging kuda
- Daging, hati, dada dengan kulit ayam
- Daging bebek, angsa
- Udang, udang lobster
- Kerang
- Ikan Kakap, ikan Sarden, ikan teri

2.Makanan yang berasal dari tumbuhan dan sayuran
- Kafein Cokelat
- Kangkung, bayam
- Biji melinjo
- Jamur kuping
- Kedelai dan kacang - kacangan
- Tahu, tempe

Daftar makanan diatas merupakan bahan makanan yang mempunyai kandungan zat purin yang tinggi yang rata - rata mempunyai kandungan zat purin diatas 100 mg per 100 gram-nya apabila dikonsumsi.

Untuk kafein cokelat memiliki kandungan yang paling tinggi yaitu lebih dari 2000 mg / 100 gramnya.Sedangkan yang berbahan daging berkisar diantara 200 - 500 mg / 100 gramnya.Untuk yang berbahan sayuran memiliki kandungan paling rendah yaitu diantara kisaran 100 - 300 mg / gramnya.

*** ^ ***

Sebagai langkah pencegahan sebaiknya kita mengatur pola makan dengan baik.Hindari atau kurangi mengkonsumsi zat makanan yang mempunyai efek dapat memicu timbulnya asam urat. 

Namun, selain faktor ginjal dan pola makan yang dapat menyebabkan timbulnya asam urat, terdapat pula beberapa faktor lain yang dapat meyebabkan efek yang sama, diantaranya seperti ;

- Gaya hidup tidak sehat, seperti misalnya sering mengonsumsi minuman dengan kadar fruktosa yang tinggi atau beralkohol.
- Menderita penyakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes, gangguan ginjal dan penyempitan pembuluh darah.
- Obesitas atau kegemukan.
- Sering mengonsumsi jenis obat golongan tertentu seperti obat diuretik (obat yang berfungsi untuk mengeluarkan air  dan garam dari tubuh) atau obat aspirin.
- Genetik. Riwayat keluarga yang memiliki riwayat penyakit penumpukan asam urat akan meningkatkan risiko Anda untuk mengalaminya juga.
- Jenis kelamin. Untuk Pria cenderung akan lebih sering mengalami peradangan akibat penyakit asam urat.
- Usia. Ketika memasuki usia menopause, wanita memiliki risiko dalam tingkat yang sama dengan pria untuk menderita radang akibat penyakit asam urat.

Untuk mengurangi efek dari asam urat ini ada beberapa hal yang dianjurkan, perbanyak minum air putih, makan makanan yang mengandung potasium tinggi ( buah dan sayuran, kentang, alpukat, pisang, susu dan yoghurt ), dan perbanyak pula buah yang kaya akan vitamin c,

Selain hal diatas aktif secara seksual ternyata mempunyai peran penting dalam mengurangi efek dari asam urat.Seks dapat memperlancar produksi urin sehingga asam urat akan lebih banyak dikeluarkan dari dalam tubuh.

Semoga bermanfaat.


Referensi : Dikutif dari beberapa sumber

Category: ,

Chanel You Tube Kang Sun Bawang:
Chanel You Tube Kang Sun Bawang merupakan video berbagi pengalaman seputar pertanian bawang merah.You can find about Red Onion here!https://www.youtube.com/channel/UCr9E0mg9W_7gg8jLV2lQFLg

12 komentar:

  1. Alhamdulillah gk ngalamin gan dan semoga gk pernah ngalamin.
    Aminn...

    BalasHapus
  2. Makasih kang buat infonya :)

    BalasHapus
  3. nice share sob
    visit back

    BalasHapus
  4. trmksih banyak mas infonya. ijin Fllow sobat

    BalasHapus
  5. gt ya kang, mksi pnjlsannya..
    saya jg prnah dgr, klo mw smbuh asam uratnya, pagi2 baru bangun tdr lgsung mnun 1.5 ntah 2 liter air, lupa saya :D
    tp mana mungkin bs, minum sliter aja pst udah muntah..

    BalasHapus
  6. tulang ku sering ngilu. padahal aq msih muda. kok gitu ya?? ada yang bilang karena sering mandi malam. apa benar??

    BalasHapus