Tips Memperbaiki Neck Bass Yang Bengkok Dengan Meluruskannya

Kang Sun | 8:59:00 AM | 9 komentar




Apabila kita dapat mengerjakan sesuatu tanpa bantuan orang lain, kita bisa melakukannya sendiri tanpa harus menggunakan jasa orang lain, menurut saya pribadi adalah suatu kebanggaan.Dan yang pasti kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih banyak karena tidak harus membayar jasanya.

Ada sedikit tips yang ingin saya sharingkan di Blog Kang Sun ini untuk teman - teman bassist yang sedang mempunyai problem dengan neck bass, yang umum terjadi adalah neck bass yang melengkung.Kita bisa memperbaikinya sendiri dengan beberapa alat sederhana.

Namun sebelumnya, kita perhatikan dulu kriteria neck bass kita yang bengkok untuk lebih mudah dalam mengerjakannya, pertama ;
  1. Letak posisi Truss Rod pada neck bass, Truss Rod merupakan baja penguat yang ditanam dalam neck bass untuk menunjang kekuatan neck bass.Letak Truss Rod pada setiap bass itu sendiri juga berbeda - beda.Ada Truss yang terdapat pada Head Stock ( terdapat pada rata - rata bass guitar yang ada di indonesia ).Truss Rod yang berada pada neck akhir yang menuju pada bridge ( terdapat pada sebagian bass guitar produksi Yamaha ).Serta Truss Rod yang berada di pertengahan neck ( terdapat pada sebagian besar bass guitar Gibson ) 
Lihat gambar dibawah ini :


  1. Kedua, keadaan dan kondisi neck bass, pastikan bahwa neck memang benar - benar hanya bengkok saja.Tidak disertai dengan neck yang memutar atau melintir.Untuk kategori neck bass yang bengkok ada dua dua keadaan yang ditimbulkan, yaitu neck bass yang bengkok Cekung ( melengkung ke arah dalam ) dan bengkok Cembung ( melengkung kearah luar ), seperti tampak pada gambar ilustrasi diatas.

Untuk tahap pengerjaanya sebagai berikut, siapakan kunci L untuk meluruskannya ;
  1. Setelah mengetahui letak Truss Rod neck bass, arahkan kunci L pada Truss Rod dan memutarnya sesuai dengan keadaan neck.Apabila neck bengkok cekung putar Truss Rod dengan putaran searah jarum jam.Dan sebaliknya apabila neck bengkok cembung putar Truss Rod dengan putaran berlawana arah dengan jarum jam.
  2.  
  3. Untuk pemutaran Truss Rod dengan kunci L lakukan dengan perlahan hingga neck kembali normal atau lurus kembali.
Nah, tersebut diatas merupakan sedikit tips yang bisa saya sharingkan untuk meluruskan neck bass yang bengkok.Walaupun terlihat sepele dan mudah, namun apabila kita belum pernah sama sekali melakukannnya dan tidak mempunyai pengetahuan yang jelas mengenai neck bass pastilah ada rasa ragu untuk mengerjakannya.Semoga tulisan saya ini bisa menjadi sebuah alat bantu.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


Category:

About Do You Know Indonesia ?:
Blog Do You Know Indonesia merupakan sebuah blog yang berisikan tentang semua hal mengenai Indonesia. Mulai dari kategori Bisnis Online Internet, Web Hosting, Musik, dll. . You can find about Indonesia here!http://sunotoaw.blogspot.com

9 comments:

  1. mantap kang, kayanya ga ada yang positng kaya ginian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh..yang bener, Sob?atau mungkin belum pernah mampir di blog tema musik kali ya, he he..

      Delete
  2. artkel ini perlu disampaikan ke kang zach seorang musisi yang sekaligus blogger banget beliau teh da...kalau ketemu dijalan mau tak kasih tau postingan ini aah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nggak ketemu dijalan gimana, Sob? ha ha ha....

      Delete
  3. wah saya baru tahu begitu caranya yah, thanks gan..

    ReplyDelete
  4. Gan trussrod gitar ane saya putar sampai 100 lebih kagak ada bedanya

    ReplyDelete