Lezatnya Tempe Mendoan Buatan Sendiri

Kang Sun | 11:56:00 PM | 54 komentar




Tempe merupakan jenis makanan di indonesia yang memang telah dikenal luas oleh seluruh lapisan masyarakat, dan juga disukai oleh sebagian besar penduduk indonesia.

Jenis makanan berbahan baku kedelai ini juga merupakan salah satu favorit saya.Tidak hanya sekedar dirubah untuk menjadi lauk dalam pendamping menu makan sebagai tempe goreng, namun juga untuk cemilan dikala sedang bersantai ketika telah berubah wujud menjadi mendoan.

Nah, resep dibawah ini merupakan sebuah tips untuk merubah tempe menjadi cemilan yang lezat dan nikmat, yaitu mendoan.Yuk kita intip bareng bareng ;

Bahan :
  1. 100 gram tepung terigu
  2. 2 batang daun bawang yang diiris halus
  3. Tempe secukupnya, atau kurang lebih 300 gram dan di iris lebar tipis
  4. 125 mili liter air atau secukupnya
  5. Minyak sayur secukupnya

Bumbu :
  1. 2 siung bawang putih
  2. 1 butir bawang merah
  3. 1 sendok teh ketumbar atau secukupnya
  4. 2 sendok teh garam atau secukupnya
Cara Memasak :
  1. Kumpulkan jadi satu semua bumbu, lalu dihaluskan.
  2. Campurkan bumbu tersebut dengan tepung dan juga daun bawang, lalu tambahkan air.
  3. Setelah itu masukan potongan tempe kedalam adonan tepung tersebut.
  4. Langkah selanjutnya goreng kedalam minyak yang telah panas dan pastikan seluruh permukaan tempe adonan terendam minyak.
  5. Goreng hingga adonan tepungnya matang, namun usahakan jangan terlalu kering.
  6. Angkat, tiriskan lalu sajikan

NB :
Untuk cemilan tempe mendoan paling enak dinikmati ketika masih hangat, dan sebagai pelengkapnya agar lebih nikmat adalah cabe rawit.

Ada perbedaan dalam penggunaan tepung sebagai adonan dalam membuatnya.Ada yang menggunakan tepung beras ada pula yang menggunakan tepung terigu.Untuk penggunaan tepung beras dalam membuat adonannya biasanya akan menghasilnya tempe mendoan yang lebih renyah.Sedangkan dengan bahan tepung terigu akan menghasilkan tempe mendoan yang lebih empuk.

Untuk saya sendiri saya lebih suka menggunakan tepung terigu.Atau bila ingin mengkombinasikan penggunaan adonan tepungnya, bisa mencampurnya dengan perbandingan kira - kira 100 gram tepung beras dicampur dengan 1 sendok makan tepung terigu.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Category:

About Do You Know Indonesia ?:
Blog Do You Know Indonesia merupakan sebuah blog yang berisikan tentang semua hal mengenai Indonesia. Mulai dari kategori Bisnis Online Internet, Web Hosting, Musik, dll. . You can find about Indonesia here!http://sunotoaw.blogspot.com

54 comments:

  1. apa lagi dicampur dengan sedikir cabe
    lengkap sudah kang

    salam kenal kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Sob, Mendoan tuh menu favorit saya, he he..
      Salam kenal balik juga dech, Sob, thanks...

      Delete
    2. Cuma 5 kok banyak, tuh lihat sendiri fotonya diatas, wkwkwkwk...

      Delete
  2. kalau bikinan sendiri pasti enak yah kang, nggak ada yang bisa nandingi hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. So pasti enak bikinan sendiri, Sob, he he...

      Delete
  3. asik nih tempe mendoan, apalagi kalau dikirim ke saya pasti lebih asik lagi kang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alamat untuk pengirimannya, Mang?wkwkwkwk...

      Delete
  4. musim hujan cemilannya tempe mendoan, manteb deh pokonya :d

    ReplyDelete
  5. Hmmm lihat mendoan.. Jadi pengiinn..
    Lama nggak makan mendoan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus pulang kampung dulu, Mbak, wkwkwkwk...

      Delete
  6. Saya juga sangat suka tempe mendoan kang!!! makasih tipsnya yaa!

    ReplyDelete
  7. wah ternyata jago masak juga nich kang sun. Bisa bikin mendoan sendiri hehehe :D
    boleh nyicipi nggak kang hehe :D

    ReplyDelete
  8. Tempe mendoan memang enak, tapi nggak pandai membuatnya cuma pandai bantu habiskan aja, hehehe....

    ReplyDelete
  9. ada yang kurang kang sun, cabe, kopi sama rokok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okey dech, thanks atas sarannya, he he..

      Delete
  10. wahh , makanan favorit saya nih kang .
    paling enak kalo di nikmati bareng keluarga .

    kunjungan perdana kang , izin follow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Sob...lam kenal aja dech kalo gitu!

      Delete
  11. Enak benar tempenya mas cemilan saat lagi blogwalking pasti paling tepat ini mas,hehe :)

    ReplyDelete
  12. sepertinya saya ketinggalan mencicipi tempe mendoan kang sun ini, masih ada yang tertinggal ga kang tempenya ? kelezatannya pasti terjamin ni krn buatan kang sun sendiri, hehehehe

    ReplyDelete
  13. sepertinya menggiurkan nih kang cobain ah...

    ReplyDelete
  14. Masak Dirumah sendiri ah :D nyoba nyoba:D

    Admin
    Cyber4rd

    ReplyDelete
  15. tinggal tambah saus,,, beeh pokonya maknyooss.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai selera masing2, Sob, he he...thanks!

      Delete
  16. pasti laris manis nich mendoan buatan kang sun hehehe :D

    ReplyDelete
  17. Memang lezat yah? kirimin dong ke tasik tempenya mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ongkos kirimnya mahal, Sob, ha ha ha..

      Delete
  18. iki jen panganan kelangenanku kang...hmmm uenak tenan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Podho nek ngono, Mas, mendhoan iku yo kelangenanku, he he..

      Delete
  19. wah nyamilut ini kayaknyaa...apalagi ditambah sambel trasi ..saya bangeet .... mantaab :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama donk kalau begitu, sambel trasi juga aku banget, hi hi hi..

      Delete
  20. Dingn-dingin makan tempe mendoan, enak bangeeet.

    ReplyDelete
  21. siap2 siap bikin keluarga kagum nih
    hehehe :D

    ReplyDelete
  22. pasti mendoan buatan kang sun bakalan laris manis nih kalau di suguhkan untuk para sahabat blogger hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dilihat dari komentnya, kayaknya juga begitu, Mbak, suka dengan mendoan buatanku, wkwkwkwk....

      Delete
  23. ini dia makanan harian saya mas, temppeee...hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiap hari tempe terus, ah yang bener?wkwkwkwk...

      Delete
  24. jadi laper nih kang :3
    mas Mora blog

    ReplyDelete