Cari

Obyek Wisata Goa Lawa dan Goa Macan Kabupaten Grobogan

Kang Sun | 12.27.00 | 7 komentar






Satu tempat lagi dikawasan Jatipohon, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah sebuah obyek wisata yang dapat Anda jadikan tempat untuk rekreasi bersama teman maupun keluarga.Sebuah obyek wisata alam berupa gua yang terbentuk alami yang bernama Goa Lawa dan Goa Macan.

Bila dari arah selatan ( rute bisa dari arah Solo maupun Semarang ) gapura papan nama Goa Lawa dan Goa Macan terletak hanya beberapa ratus meter sebelum Obyek Wisata Sumber Jatipohon. yang terletak di kanan jalan raya Purwodadi- Pati km 10.

Namun jangan salah duga, karena obyek gua yang sesungguhnya masih masuk kedalam lokasi desa Sedayu yang apabila ditempuh masih berjarak kurang lebih 2,3 km.



Seperti halnya dengan Obyek Wisata Sumber Jatipohon, untuk mengunjungi Goa Lawa dan Goa Macan ini kita tidak perlu membayar mahal untuk dapat menikmati indahnya pemandangan sekitar gua.







Retribusi untuk masuk ke Obyek Wisata Goa Lawa dan Goa Macan berdasarkan Peraturan Daerah No. 3 Tahun 2007 Pemerintah Kabupaten Grobogan Dinas Perhubungan dan Pariwisata adalah sebesar Rp.2.000  per- orangnya.



Dan untuk parkirnya hanya cukup Rp.2.000 pula per-sepeda motornya

1.Goa Lawa
Mulut gua pertama yang dapat kita lihat setelah sedikit mendaki jalan setapak yang telah di paving adalah mulut Goa Lawa, seperti tampak pada gambar di bawah ini ;


Walaupun belum adanya penerangan yang dibuat, namun apabila kita mencoba untuk masuk kedalamnya akan terpampang jelas ruangan yang terbentuk.


Stalaktit akan terlihat jelas di ruangan Goa Lawa ini, karena diatas bagian sisi kiri dan kanan terdapat sebuah lubang hingga sinar matahari dapat masuk dan menerangi sekitar ruangan gua.

Stalaktit merupakan batuan yang bentunya meruncing ke bawah yang berada diatap gua.Ini terjadi karena adanya proses pelarutan air di daerah berkapur yang berlangsung terus menerus ataupun sangat lama.Air ini kemudian akan turun kedalam gua dan menetes dari atap gua hingga ke dasar gua.Dari tetesan air inilah yang lama - lama akan berubah menjadi batuan dan bentuknya meruncing.


Bila terbentuk diatap gua dinamakan stalaktit, namun bila berada di dasar gua disebut stalakmit.


2.Goa Macan
Mulut gua yang selanjutnya yang dapat kita lihat adalah mulut dari Goa Macan.Karena posisinya berada dibagian paling atas, untuk dapat melihatnya setelah dari Goa Lawa kita harus menyusuri kembali jalan menanjak.

Tidak seperti dalam Goa Lawa, apabila kita memasuki Goa Macan ini ruangan gua akan terlihat remang - remang dan agak gelap karena hanya terdapat satu lubang dibagian paling atas gua yang dapat dimasuki sinar matahari.Dan memang belum adanya penerangan yang memang sengaja dibuat untuk keperluan wisata.


Anda berniat untuk mengunjunginya, segera tetapkan harinya.

Semoga bermanfaat!



Category: ,

Chanel You Tube Kang Sun Bawang:
Chanel You Tube Kang Sun Bawang merupakan video berbagi pengalaman seputar pertanian bawang merah.You can find about Red Onion here!https://www.youtube.com/channel/UCr9E0mg9W_7gg8jLV2lQFLg

7 komentar:

  1. tiket masuknya murah sekali ya mas, pengen juga kapan-kaopan datang ke goa lawa :)

    BalasHapus
  2. Tempatnya adem dan suasananya sejuk dan indah ya Kang Sun..?
    Saya belum pernah kesana, tiket masuknya pasti bersahabat ya Kang..?

    BalasHapus
  3. tempatnya masih sepi... kadang kalo siang nemu yang lagi "pacaran"... :D

    BalasHapus
  4. Saya belum pernah berwisata ke Goa Lawa dan Goa Macan kang, tapi dengan adanya postingan ini saya kalau berwisata ke Goa Lawa dan Goa Macan jadi sedikit ada gambaran ... terimakasih kang atas infonya tentang Goa Lawa dan Goa Macan

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus