Mengenal Satuan Luas Bau Dan Bagian Dalam Pertanian

Kang Sun | 6:41:00 AM | 3 komentar






Ilmu matematika sangat berguna dalam kehidupan sehari – hari, baik itu matematika tingkat dasar maupun matematika yang lebih rumit lagi tingkatannya.Salah satu contohnya adalah matematika ukur atau ilmu ukur.

Dalam matematika kita mengenal yang namanya Panjang dan Lebar pada suatu bangun datar.Dimana dalam matematika tersebut kita mengenal yang namanya luas suatu bangun yang dirumuskan sebagai panjang dikali lebar ( Luas = P X L ).

Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :

 


Pemahaman tentang luas suatu bangun datar, serta panjang dan lebarnya dapat diterapkan ketika kita ingin mengetahui luas sebidang tanah.

Untuk satuannya adalah sebagai berikut :
Satuan Panjang : Biasanya menggunakan satuan kilometer (km), hektometer (hm), Decameter (dam), meter (m), desimeter (dm), centimeter (cm), Milimeter (mm)
Satuan Luas : Biasanya menggunakan satuan kilometer persegi (km2), hektometer persegi (hm2/ hektare), meter persegi (m2)
Satuan Panjang biasa digunakan untuk panjang sisi-sisi bangun datar dan keliling bangun datar. Sedangkan untuk Satuan Luas digunakan untuk luas bangun datar.

Didalam pertanian untuk suatu lahan pertanian baik persawahan  ataupun lahan perkebunan yang luas, satuan luas yang biasanya diggunakan adalah satuan Hektare ( Ha ).
Lalu, berapakah 1 Hektare itu? Gambaranya adalah sebagai berikut ;
1 Hektare  ( 1 Ha ) = 10.000 m2 ( meter persegi ), yang artinya bisa dimaksudkan untuk  ukuran tanahnya adalah 100 meter kali 100 meter ( apabila berbentuk bujur sangkar ).Atau dengan angka lain bila tanahnya berbentuk persegi panjang bisa jadi panjangnya adalah 200 meter dengan lebar 50 meter.Yang intinya adalah perkalian antara panjang dan lebar yang  hasilnya adalah 10.000.

Mungkin juga kita pernah mendengar nama satuan luas yang lain dalam dunia persawahan semisal Bau atau pun Bagian.Satuan luas Bau dan Bagian ini biasanya digunakan oleh petani di daerah  Jawa.
Nah, berapa itu satu Bau dan berapa itu satu Bagian?
Kata Bau berasal dari bahasa belanda “ Bouw “  yang artinya garapan.
Untuk luas 1 Bau luasnya sekitar 7.100 m2 atau bila dijadikan Hektare adalah 0,71 Hektare.Sedangkan 1 Bagian luasnya sekitar ¾  Bau.
1 Bagian = ¾ x 7100 = 5.325 m2

Semoga bermanfaat.


Category:

About Do You Know Indonesia ?:
Blog Do You Know Indonesia merupakan sebuah blog yang berisikan tentang semua hal mengenai Indonesia. Mulai dari kategori Bisnis Online Internet, Web Hosting, Musik, dll. . You can find about Indonesia here!http://sunotoaw.blogspot.com

3 comments:

  1. Segera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan capsa Susun Nomor Satu di Indonesia AGENPOKER(COM)
    Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum.wr.wb. perkenalkan nama saya Hariyati Dewi Tki Hongkong, saat menulis ini saya teringat memory masa lalu.saya sangat tergugah hati melihat coretan hati yang Ibu tulis. saya jadi teringat tentang masa-masa sulit dulu,karena iktiar dan usaha , seolah2 menjadi dendam bukan lagi motivasi, cuma satu tujuan saya pada saat bagaiman caranya untuk bangkit..singkat kata berbagai macam iktiar dan cara yang saya lalui, mengingat pada saat itu hutang saya 1,2m yang tidak sedikit, belum lagi bunga renternir yang bertambah. karena usaha, kesungguhan hati, akhirnya saya menemukan jalan /solusi melalui Program Pesugihan Dana Gaib Tanpa Tumbal. saya percaya ALLAH ITU TIDAK DIAM MAHA PENYAYANG , cobaan itu bukan lah ujian tapi hadiah yang tersilmut untuk kebahagiaan yang sebenar2nya. Dengan keyakina dan keberania saya ikut bergabung untuk mengikuti Program Pesugihan Dana Gaib Tanpa Tumbal dan memohonkan dana sesuai kebutuhan dan kesanggupan saya. Cuma dalam waktu 1 hari 1 malam saya mendapat telpon dari pihak Program tersebut, Alhamdulillah dana yang saya mohonkan sudah cair dan sudah dapat saya gunakan untuk melunasi hutang. jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi
      Ki Witjaksono: 085-2222-31459
      Atau kunjungi website

      Klik-> PESUGIHAN DANA GAIB

      ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete