Cari

Mengenal Satuan Luas Bau Dan Bagian Dalam Pertanian

Kang Sun | 06.41.00 | 4 komentar


ADADA



Ilmu matematika sangat berguna dalam kehidupan sehari – hari, baik itu matematika tingkat dasar maupun matematika yang lebih rumit lagi tingkatannya.Salah satu contohnya adalah matematika ukur atau ilmu ukur.

Dalam matematika kita mengenal yang namanya Panjang dan Lebar pada suatu bangun datar.Dimana dalam matematika tersebut kita mengenal yang namanya luas suatu bangun yang dirumuskan sebagai panjang dikali lebar ( Luas = P X L ).

Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :

 


Pemahaman tentang luas suatu bangun datar, serta panjang dan lebarnya dapat diterapkan ketika kita ingin mengetahui luas sebidang tanah.

Untuk satuannya adalah sebagai berikut :
Satuan Panjang : Biasanya menggunakan satuan kilometer (km), hektometer (hm), Decameter (dam), meter (m), desimeter (dm), centimeter (cm), Milimeter (mm)
Satuan Luas : Biasanya menggunakan satuan kilometer persegi (km2), hektometer persegi (hm2/ hektare), meter persegi (m2)
Satuan Panjang biasa digunakan untuk panjang sisi-sisi bangun datar dan keliling bangun datar. Sedangkan untuk Satuan Luas digunakan untuk luas bangun datar.

Didalam pertanian untuk suatu lahan pertanian baik persawahan  ataupun lahan perkebunan yang luas, satuan luas yang biasanya diggunakan adalah satuan Hektare ( Ha ).
Lalu, berapakah 1 Hektare itu? Gambaranya adalah sebagai berikut ;
1 Hektare  ( 1 Ha ) = 10.000 m2 ( meter persegi ), yang artinya bisa dimaksudkan untuk  ukuran tanahnya adalah 100 meter kali 100 meter ( apabila berbentuk bujur sangkar ).Atau dengan angka lain bila tanahnya berbentuk persegi panjang bisa jadi panjangnya adalah 200 meter dengan lebar 50 meter.Yang intinya adalah perkalian antara panjang dan lebar yang  hasilnya adalah 10.000.

Mungkin juga kita pernah mendengar nama satuan luas yang lain dalam dunia persawahan semisal Bau atau pun Bagian.Satuan luas Bau dan Bagian ini biasanya digunakan oleh petani di daerah  Jawa.
Nah, berapa itu satu Bau dan berapa itu satu Bagian?
Kata Bau berasal dari bahasa belanda “ Bouw “  yang artinya garapan.
Untuk luas 1 Bau luasnya sekitar 7.100 m2 atau bila dijadikan Hektare adalah 0,71 Hektare.Sedangkan 1 Bagian luasnya sekitar ¾  Bau.
1 Bagian = ¾ x 7100 = 5.325 m2

Semoga bermanfaat.

Panduan Lengkap Budiaya Bawang Merah, klik link dibawah ini :






Category:

Chanel You Tube Kang Sun Bawang:
Chanel You Tube Kang Sun Bawang merupakan video berbagi pengalaman seputar pertanian bawang merah.You can find about Red Onion here!https://www.youtube.com/channel/UCr9E0mg9W_7gg8jLV2lQFLg

4 komentar:

  1. Segera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan capsa Susun Nomor Satu di Indonesia AGENPOKER(COM)
    Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus