Menyelesaikan Solusi Rubik 5x5 Dengan Mudah

Kang Sun | 6:55:00 PM | 5 komentar




Mengutak - atik rubik memang salah satu hobby yang biasanya saya lakukan untuk mengisi waktu luang.Namun bukan berarti bahwa setiap hari ketika ada waktu luang lantas bermain rubik.Bermain rubik bagi saya hanya sebatas pelepas kejenuhan saja.

Bagi yang pernah membaca artkel saya di blog ini sebelumnya, mungkin pernah kalian jumpai tentang solusi penyelesaian rubik lengkap dengan tutorial videonya, yakni ; Menyelesaikan Solusi Rubik 3x3 Dengan Mudah, dan Menyelesaikan Solusi Rubik 4x4 Dengan Mudah.

Nah, untuk yang kali ini akan saya shared-kan meningkat ke yang lebih agak sulit, yaitu solusi untuk rubik 5x5x.Bagi kalian yang belum sempat membaca atau mengetahui solusi penyelesaian untuk yang 3x3 dan 4x4, bisa kalia lihat dibawah ini ;

1.Menyelesaikan Solusi Rubik3x3 Dengan Mudah

2.Menyelesaikan Solusi Rubik 4x4 Dengan Mudah

Okey dech, langsung saja kita ke pokok permasalahan solusi rubik 5x5.Untuk solusi rubik 5x5 ini langkah pertama yang harus kita lakukan sama dengan solusi untuk yang di 4x4.Pertama kita harus terlebih dahulu membuat atau menyamakan centernya terlebih dahulu.Namun karena center 5x5 ini lebih banyak ( 3x3 atau 9 warna yang sama dibagian tengah masing - masing sisi ), otomatis langkah pembuatan centernya pun bertambah pula.Namun walaupun begitu intinya tetap sama, bagaimana cara mengerjakannya?

Untuk langkah awal dalam membuat center ini, pertama yang harus kita lakukan adalah mencari atau menyamakan 2 warna yang sama, terlebih dahulu ( 1x2 ).Semisal disini kita ambil contoh warna hitam.Setelah 2 warna hitam terkumpul, kita mencari 2 warna hitam yang kedua, lalu kumpulkan dengan 2 warna hitam yang pertama ( caranya sama dengan pembuatan center di 4x4, digeser, disundu atau dipindah ). Kemudian mencari lagi 2 warna hitam yang ketiga, juga kumpulkan dengan 2 warna hitam yang pertama dan kedua.Sehingga menjadi 2 x3 warna hitam.Baru setelah itu kita mencari 3 warna hitam yang terakhir.Kumpulkan terlebih dahulu 3 warna hitam yang terakhir tersebut jadi satu, atau menjadi 1x3 warna hitam.Setelah itu gabungkan dengan yang 2x3 warna hitam.Hasilnya satu sisi center telah terbentuk.

     Nah, untuk lebih jelasnya, ambil rubik kalian, lalu tonton tutorial video berikut dibawah ini sambil kalian mencobanya sendiri ;

Video Solusi Rubuk 5x5 Part 1



Video Solusi Rubuk 5x5 Part 2



Video Solusi Rubuk 5x5 Part 3



Video Solusi Rubuk 5x5 Part 4



Satu hal yang harus di ingat, bahwa untuk di rubik 5x5 ini, kita tidak akan menjumpai suatu kondisi dimana kombinasi warna yang terbentuk tidak seperti yang ada di 4x4.Namun, karena ini merupakan rubik bilangan ganjil, maka kondisi yang akan kita jumpai lazim yang ada pada 3x3.Untuk itu, pastikan kalian telah lancar dalam solusi yang 3x3.

Oh ya, video tutorial diatas saya ambil dari you tube, yang merupakan hasil upload dari Robert Mingliang.Okey dech, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Category:

About Do You Know Indonesia ?:
Blog Do You Know Indonesia merupakan sebuah blog yang berisikan tentang semua hal mengenai Indonesia. Mulai dari kategori Bisnis Online Internet, Web Hosting, Musik, dll. . You can find about Indonesia here!http://sunotoaw.blogspot.com

5 comments:

  1. salam, dari dulu saya kurang paham bermain rubrik boss, tapi info ini nambah pengetahuan saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sobat TCC suka main rubik juga ya rupanya?

      Delete
  2. ga bisa main rubik gan :( nyimak aja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okey dech, walau nggak bisa main rubik, mgkin suatu saat bisa bermanfaat....

      Delete
  3. Gan videonya kok nggak bisa di play ya? Mohon bantuannya

    ReplyDelete