Apa Yang Menyebabkan Page View Blog Menurun?

Kang Sun | 7:39:00 PM | 30 komentar


gambar ilustrasi : activans.com

Blog Kang Sun's Blog ini saya buat diawal tahun ini 2013, diakhir bulan januari.Dengan artikel pertama berjudul Tentang Blog Kang Sun, yang isinya bercerita tentang dibuatnya blog ini.Silahkan baca disini.Berlanjut dengan artikel berikutnya tentang blogging : Bersilaturahmi Serta Meninggalkan Kesan Baik di Blog Teman, silahkan baca disini.

Semenjak terlahirnya blog ini, grafik traffic blog ini terus meningkat walaupun secara tertatih - tatih namun pasti.Hal ini dibuktikan dengan saya mendaftarkan blog saya Alexa untuk mengetahui trafficnya secara berkala, dan saya cek setiap minggunya.Berawal dari No Data dan No Link, hingga terupdate postingan ini sudah lumayan mendapatkan rank ( walaupun masih agak gendhut, he he ).

Dari awal pembuatan hingga disekitar bulan oktober 2013, Page View blog ini telah mencapai angka 1.500 page view perharinya.Ini merupakan angka page view yang belum pernah saya dapatkan dari pembuatan blog blog saya sebelumnya.Yang menurut saya emang sudah lumayan cukup tinggi, he he ( maklumlah saya newbie dalam blogger ).



Dampak dari page view yang cukup lumayan ini tentunya juga menguntungkan bagi saya, karena di blog ini saya pasang beberapa script iklan PPC lokal.Dengan page view yang meningkat, menjadikan klik iklan PPC di blog saya pun meningkat, terutama di iklan Adsensecamp dan Iklanblogger.

Namun secara tiba - tiba page view blog saya turun drastis, hal ini saya ketahui bermula di awal bulan nopember.Ketika login ke blogger, hal yang saya lakukan pertama kali adalah melihat komentar yang masuk, kemudian apabila sempat saya akan membalasnya langsung, dan yang terakhir melihat page view sebelum melakukan publish artikel atau postingan.

Saya melihat page view di dasbor blog saya, " Pageviews today " hanya sekitar 200an, lalu saya cek sore harinya hanya meningkat menjadi 300an, dan terakhir blogging dimalam hari hanya maksimal berada pada angka 400an pageviews.Hal tersebut saya amati terus perkembangannya selama satu minggu, dan hasilnya masih sama, tetap bertahan di angka 400an

Kondisi tersebut, dengan Pageviews maksimal diangka 400an perharinya masih juga bertahan hingga saya membuat artikel ini, terupdate 20 desember 2013.Hal ini menjadikan saya bertanya - tanya dalam hati, ada apa ya dengan blog saya, apa sih penyebabnya?



Ketika pageviews blog mencapai 1.500 per hari, rank alexa blog ini disekitar 700.000an, namun ketika pageviewsnya menurun menjadi 400an dan berlangsung selama 2 bulan terakhir ini, justru alexa ranknya mengecil, menjadi sekitar 600.000an.Silahkan cek disini : http://www.alexa.com/siteinfo/http://blog-kangsun.blogspot.com

Saya menjadi bingung dengan kondisi seperti ini, haduhhh..maklumlah saya blogger newbie, dan tidak begitu paham tentang SEO, ngeblog hanya asal ngebloh, he he.

Untuk teman - teman blogger, kasih tahu donk penyebabnya mengapa bisa terjadi hal seperti itu.Saya membuat artikel postingan ini bukannya hanya sekedar curhat tentang blogging, namun sepenuh hati saya ingin meminta bantuan pada teman - teman blogger semua.

Postingan ini saya buat terinpirasi setelah membaca beberapa artikel dari teman - teman blogger, seputar hebohnya sebuah blog dengan rating tinggi yang dihapus oleh Google.Saya jadi kawatir, jangan - jangan saya juga baru terkena hukuman dari Google, atau sedang diperingatkan.

Bagi teman teman yang ikut berpartisipasi memberikan jawaban dan solusinya tentang masalah pageview yang sedang saya alami, dan sudi berkomentar memberikan pendapat disini saya ucapkan banyak terima kasih.

Salam blogger

Category:

About Do You Know Indonesia ?:
Blog Do You Know Indonesia merupakan sebuah blog yang berisikan tentang semua hal mengenai Indonesia. Mulai dari kategori Bisnis Online Internet, Web Hosting, Musik, dll. . You can find about Indonesia here!http://sunotoaw.blogspot.com

30 comments:

  1. saya juga pernah pagview turn drastis mas, ternyata link within saya tiba2 tidak muncul jika dilihat orang lain, hmmm :D
    akhirnya sekarang pagviewnya naik lagi setelah saya memperbanyak navigasi sidebar disertai thumbnail dan linkwithin :)
    ternyata ada2 saja macem2 penyebab pv hilang, makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks juga atas sharingnya, Mbak...aku masih bingung nih, belum ketemu jawabannya, he he!

      Delete
    2. "memperbanyak navigasi sidebar disertai thumbnail dan linkwithin"
      maksudnya itu apa ya ?? mohon penjelasannya

      Delete
    3. Wah gimana jawabnya nih, he he..susah jelasinya, Sob, biar Mbak Indri aja dech yang lebih paham...

      Delete
  2. hem,, belum tau juga nis sob...gak bisa kasi saran, tadi malah mikirnya bakal ada tips nih di postingannya... rupa2nya butuh bantuan, sayang nya saya juga newbie hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuuhhh,...Maaf, Mbak lagi nggak konsen bikin tips, baru punya masalah tentang page views nih, he he!

      Delete
  3. hemmm saya sendiri cuman 400an perharinya :D

    ReplyDelete
  4. jadi nggak singkron ya mas antar page view turun alexa mengecil, semestinyakan berbanding terbalik

    perlu dianalisa neh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Sob, seharusnya begitu,berbanding terbalik dan karena itulah saya jadi bingung sendiri dibuatnya...

      Delete
  5. wah kok bisa turun drastis pasti ada penyebabnya yah kang, cuma saya nggak begitu ngerti soal ginian, ikut menyimak saja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okey dech, gak pa2, tapi thanks juga telah berkenan hadir disini, Sob...

      Delete
  6. sama seperti blog lama saya mas (aan shared,red) dulu pageview blog ini nyampe angka 40k'an/hari, tapi sekarang paling cuman 2k-5k/hari doank...

    gk tau juga apa penyebabnya...hehe

    ReplyDelete
  7. saya malah ndak mengerti
    maklum saya masih newbie kang..

    ReplyDelete
  8. Mudah-mudahan blog cantik ini tidak termasuk dalam Blacklist Google,, amiin,,
    Menurut pendapat saya, PV dipengeruhi oleh banyak faktor,,, bisa itu karena tingkat ke aktifan kita dalam merawat blog, Konsistensi membuat catatan baru dan masih hangat dibicarakan, Kualitas artikel dan berjangka panjang,, DLL.

    Salam Blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin...Okey, thanks atas infonya, Sob....

      Delete
  9. wah kiraaain punya saya aja kang nu kieu teh, jigana Google ker update terus terusan algoritma kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitu yaa...atur nuhun Akang SahabatKudhen...

      Delete
  10. Wah sama nihkang ... saya sekarang juga kaya gini .. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran nggak sih, kok sama semua yaa, he he...

      Delete
  11. menyedihkan sekali ya kang kalau jumlah trafik blog menurun getu. Tetap semangat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh Mbak Ririn, gimana kabar blognya?jadi nggak bisa berkunjung nih...semoga aja bisa dibalikin lagi ya, Mbak?amiin...

      Delete
  12. kalau saya baca-baca di beberapa blog lain, kayaknya menurunnya trafik blog ini sedang menjadi wabah dimana-mana. karena kayaknya memang lagi banyak yang ngalamin. mungkin karena algoritma baru yang dipakai google. entah sampai kapan bakal begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitu ya,hemmm...thanks infonya, Sob, and lam kenal aja!

      Delete
  13. saya juga mengalami seperti ini gan . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho..bukannya page view blognya udah okey tuh?

      Delete
  14. pengunjungnya menghilang gan :D
    dari 14rb/hari sekarang jadi 5rb/hari

    ReplyDelete
  15. http://www.petaniblogger.com/2015/09/cara-meningkatkan-jumlah-page-view-blog.html

    ReplyDelete